Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan Kawasan Puncak, Pemerintah Kaji Pembangunan Jalan Tol

Kompas.com - 06/06/2022, 18:17 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol untuk dinilai menjadi solusi terdepan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Melansir informasi dari situs Kementerian PUPR pada Senin (06/06/2022), sebetulnya ada opsi pelebaran jalan untuk mengurai kemacetan di sepanjang Kawasan Puncak.

Namun setelah mempertimbangkan berbagai aspek, opsi pembangunan Jalan Tol Caringin-Cisarua-Gunung Mas sepanjang 18 kilometer dinilai menjadi solusi efektif.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Urai Kemacetan Puncak, Underpass Bakal Dibangun di Rest Area Gunung Mas

"Setelah berdiskusi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga dan Waskita, pembangunan jalan tol sepanjang 18 kilometer adalah satu-satunya solusi yang memungkinkan untuk mengurai kemacetan di Puncak," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan jalan tol tersebut memiliki dampak berkelanjutan, mulai dari efektivitas waktu perjalanan, manajemen transportasi, hingga perputaran ekonomi di sekitar kawasan Bogor.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol, terutama di Kawasan Puncak.

"Saat ini, kami sedang mengeksplor pembangunannya," tandasnya.

Menurutnya, pengusahaan jalan tol ada dua skema yaitu dengan jalur solicited dan jalur unsolicited atau biasa juga disebut prakarsa.

Jalur solicited yaitu masuk ke dalam rencana kerja kementerian. Ada proses pra-Feasibility Study (FS) yang tahun ini sedang dilakukan, kemudian FS, AMDAL, tanah dan sebagainya.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Bisa Jadi Model Penataan Kawasan Strategis Nasional

"Namun kalau masuk jalur prakarsa maka bisa lebih cepat. Kalau memang dari model bisnisnya yang sekarang sedang dihitung memungkinkan untuk Prakarsa, maka kami akan tawarkan secara prakarsa," tukas Hedy.

Kawasan Puncak memang seringkali mengalami kemacetan terutama di periode liburan bahkan akhir pekan.

Terutama di titik setelah lampu merah Gadog, Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, dan Kawasan Taman Safari.

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Bogor konsisten memperbaiki transportasi umum sebagai bentuk upaya mengatasi kemacetan di ruas jalan Puncak, Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com