Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkapasitas 500 Liter Per Detik, IPA Sitanala Pasok Air Lima Kecamatan di Tangerang

Kompas.com - 05/06/2022, 11:11 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan kapasitas 500 liter per detik untuk melayani kebutuhan air bersih di lima kecamatan di Tangerang.

SPAM itu adalah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala yang memasok air untuk kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Periuk, dan Neglasari.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, layanan SPAM skala regional diutamakan untuk memenuhi kebutuhan domestik.

"Sehingga, masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat," ujarnya dikutip dari Kementerian PUPR, Minggu (5/6/2022).

Direktur Air Minum Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Anang Muchlis menjelaskan, IPA Sitanala dikerjakan sejak 9 Agustus 2021 hingga 2 November 2022 atau selama 510 hari kalender.

Pembangunan IPA Sitanala ini direncanakan dapat memenuhi akses pelayanan air minum untuk wilayah di zona dua Tanggerang dengan 3.969 Sambungan Langganan (SL).

Menurut Anang, IPA Sitanala dibangun di atas lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tanggerang seluas 2,07 hektar.

Baca juga: Pasokan Air 3 SPAM di Jawa Timur Ditingkatkan

Nilai kontrak proyek ini sebesar Rp 70 miliar yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021-2022.

Sementara kontraktor pelaksana yang mengerjakan adalah PT Paesa Pasindo Engineering MP, dengan progres fisik pekerjaan mencapai 46,33 persen.

Ketua rombongan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI Ridwan Bae menyampaikan apresiasi kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang telah melakukan kolaborasi baik dengan membangun IPA berkapasitas besar.

"Dari kolaborasi tersebut, menciptakan fasilitas IPA yang mampu menjamin kebutuhan air bersih dan sehat layak konsumsi bagi masyarakat Kota Tangerang," katanya.

Adapun lingkup pekerjaan pembangunan IPA Sitanala berupa reservoir kapasitas 700 meter kubik, ruang laboratorium, ruang SCADA, dan ruang kontrol.

Kemudian, bangunan pembubuh serta disinfektan, gardu PLN, bangunan gudang bahan kimia, bangunaan filter press, bak penampung lumpur, sarana penunjang, mekanikal serta elektrikal, serta peralatan laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com