Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut Masih Ada Pemda yang Nol Belanja Produk Dalam Negeri

Kompas.com - 01/06/2022, 13:51 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, ada Pemerintah Daerah (Pemda) yang realisasi komitmen belanja produk dalam negeri (PDN) masih nol per 25 Mei 2022.

"Hingga 25 Mei lalu, ada Pemda yang komitmen realisasinya (belanja PDN) nol," tegas Luhut lewat video tapping ketika memberikan penutupan pada acara Matching Business Tahap III, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Oleh karena itu, Luhut berharap agar tidak ada lagi Pemda yang belum merealisasikan belanja PDN.

Luhut menyebutkan, realisasi komitmen belanja PDN Kementerian/Lembaga (K/L), Pemda, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar Rp 802 triliun per 24 Mei 2022.

Namun, baru dapat direalisasikan belanja PDN sebesar Rp 206 triliun. Padahal, target yang disepakati setidaknya mencapai Rp 400 triliun.

"Oleh karena itu, data hari ini akan kita tarik untuk melihat perkembangan dan menyiapkan strategi lanjutan dari percepatan ini," ungkapnya.

Baca juga: Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Baru Tercapai Rp 76 Triliun

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengungkapkan, penggunaan PDN merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan penggunaan PDN, maka belanja impor terhadap produk yang sudah bisa diproduksi sendiri akan dilarang.

Menurutnya, arahan Jokowi ini harus dimaknai dan diyakini sebagai jalan untuk memberikan kesempatan yang lebih baik dan memberikan peluang lebih besar kepada PDN.

Adapun sebelumnya, telah dilaksankaan Forum Business Matching Tahap I yang diselenggarakan pada 22-24 Maret 2022 di Bali dan Showcase.

Kemudian, Business Matching Tahap II pada tanggal 11-21 April 2022 di Jakarta oleh Kementerian PUPR dan Kemenkes.

Kedua kementerian ini kemudian ditunjuk sebagai penyelenggara Temu Bisnis Tahap III dalam rangka Aksi Afirmasi Penggunaan dan Pembelian Produk Dalam Negeri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com