Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada CCTV, Nih Fasilitas Mewah Rusun Anggota Polres Gorontalo Utara

Kompas.com - 31/05/2022, 12:13 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi rumah susun (rusun) bagi anggota Polri Resor Gorontalo Utara dengan berbagai fasilitas lengkap.

Sejauh ini, rusun yang berlokasi di Desa Omboludata, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara tersebut sudah selesai dibangun.

Rencananya, proses serah terima aset kepada pihak pengelola nantinya Polres Gorontalo Utara dilaksanakan awal Juni.

Pada kunjungan rusun itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Alwi Mahdali mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat pembangunan rusun yang telah selesai pengerjaannya sekaligus menyiapkan proses serah terima aset.

Alwi menjelaskan, pihaknya telah membangun beberapa rusun di Gorontalo yang merupakan bentuk perhatian dan bagian dari Program Sejuta Rumah (PSR), salah satunya bagi anggota Polri Resor Gorontalo Utara ini.

Baca juga: Apa Perbedaan Rusun dan Apartemen?

"Kementerian PUPR Ditjen Perumahan Direktorat Rusun memang mempunyai tupoksi penyediaan hunian layak huni bagi TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (31/5/2022).

Dari data Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, total anggaran yang digunakan untuk membangun rusun anggota Polri Resor Gorontalo sebesar Rp 20,76 miliar.

Rusun ini dibangun dengan stau tower setinggi tiga lantai dan terdiri dari 44 unit bertipe 36 dan unit khusus penyandang disabilitas.

Kemudian, setiap unitnya dilengkapi dengan satu kamar tidur anak, ruang tamu, kamar mandi, pantry dan ruang cuci, serta kelengkapan meubelair.

Ini berupa kursi, meja, ranjang besar di kamar utama, dan ranjang tingkat bagi anak.

Tak hanya itu, hunian vertikal tersebut dibangun dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti ruang aula serbaguna, green water tank berkapasitas 50 kubik, instalasi listrik mencapai 1.300 watt per unit.

Ada juga CCTV, sound system yang terintegrasi area parkir, penerangan umum, serta sistem proteksi kebakaran seperti smoke detector, fire alarm, dan hydrant interior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com