Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Punya Lampu Darurat di Rumah?

Kompas.com - 27/05/2022, 09:46 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana tidak ada cahaya saat malam hari? Ketika listrik padam dan Anda hanya mengandalkan cahaya dari ponsel untuk penerangan.

Tentu hal tersebut sangat menggangu karena Anda tidak bisa menyelesaikan berbagai aktivitas di rumah dengan baik.

Meskipun di lokasi tempat Anda tinggal kejadian pemadaman listrik jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin hal tersebut akan tejadi di kemudian hari.

Untuk menghindari situasi yang kurang menyenangkan ini, mulailah berpikir untuk membeli lampu darurat atau emergency lamp.

Baca juga: Tahukah Anda, Lampu Kamar Hotel Tak Terpusat di Tengah?

Kehadiranran lampu ini akan sangat membantu menerangi rumah saat listrik sedang dalam keadaan padam. Saat ini ada banyak pilihan yang tersedia di pasaran mulai dari hal tipe dan warna.

Bahkan saat ini sudah ada lampu darurat yang berbentuk bohlam LED dan penggunannya seperti lampu pada umumnya. Pengisian daya baterai di lampu ini terjadi saat aliran lampu dinyalakan.

Ketika aliran listrik dari PLN masuk ke lampu, maka secara otomatis proses cas berlangsung. Karena itu, lampu ini akan memiliki cadangan baterai dan siap digunakan ketika listrik padam.

Lokasi pertama yang perlu dipasang lampu darurat adalah dapur. Hal ini karena kebanyakan penghuni rumah akan beraktivitas di sini.

Tempat lainnya yang juga bisa menjadi tempat pemasangan lampu emergency adalah lorong, kamar tidur, dan kamar mandi. Anda juga dapat menggunakannya di tangga atau luar ruangan.

Baca juga: Ini Tips Memilih Lampu Gantung dengan Ukuran yang Tepat

Memang harga lampu daruat ini lebih mahal dari lampu biasa. Namun banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com