Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial, Manfaatkan Momentum IPEX 2022 untuk Berburu Rumah Pertama

Kompas.com - 15/05/2022, 20:41 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pameran perumahan oleh PT. Bank Tabungan Negara (BTN) bisa dimanfaatkan kaum milenial untuk berburu rumah pertama. 

Pameran dengan tajuk Indonesia Properti Expo (Ipex) 2022 ini digelar mulai berlangsung Minggu (15/5/2022) hingga Minggu (22/5/2022) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto pada acara pembukaan di Jakarta, berharap Ipex  2022 menjadi momentum generasi milenial untuk memiliki rumah pertama melalui Program Sejuta Rumah (PSR).

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Pembangunan Rumah Selesai Tepat Waktu

"Ini saatnya generasi milenial yang ingin memiliki rumah pertama melalui berbagai promosi dan kemudahan yang ditawarkan pengembang dan perbankan dalam pameran Ipex 2022," ujar Menteri Basuki.

Terlebih lagi, saat ini pemerintah tengah mengembangkan hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang berlokasi dekat dengan sarana transportasi umum.

Melalui penyelenggaraan Indonesia Properti Expo 2022, Menteri Basuki juga berharap kebutuhan perumahan masyarakat dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui sektor properti dapat segera terwujud. 

"Pemerintah siap bekerjasama dengan seluruh stakeholder khusunya perbankan  dan pengembang properti, dalam mewujudkan perumahan yang layak bagi masyarakat untuk Indonesia Maju," terangnya. 

Sementara itu, Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo menyampaikan, dalam Ipex 2022, BTN menargetkan generasi muda agar bisa memiliki rumah sehingga tema utama yang diusung adalah BTN Property For Millenials dengan tagar #YangMudaPunyaRumah.

Kegiatan Ipex 2022 diikuti oleh 41 pengembang yang terdiri dari 11 pengembang subsidi dan 30 pengembang pengembang non-subsidi serta enam peserta dari penyedia pendukung perumahan dan pengembang non-asosiasi.

Proyek yang dipasarkan melalui pameran ini berjumlah 225 proyek perumahan dengan
lokasi yang tersebar di seluruh Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya, seperti Bandung, Surabaya, serta lokasi-lokasi strategis lainnya.

Haru menambahkan, BTN menawarkan sejumlah kemudahan dalam pameran ini meliputi suku bunga promo mulai 2,22 persen, bebas biaya provisi, bebas biaya administrasi, dan bebas biaya appraisal.

Harga jual properti yang akan dipasarkan selama pameran ini adalah mulai Rp 168 juta sampai dengan Rp 3,5 miliar.

Bank BTN mentargetkan untuk menerima pengunjung pameran sebanyak 50.000 pengunjung selama 8 hari. 

Sementara itu target untuk potensi izin prinsip KPR sebesar Rp 1,5 triliun terdiri dari KPR Non-subsidi Rp 900 miliar, KPR Subsidi Rp 300 miliar, dan KPR Syariah Rp 300 miliar.

"Kami juga menargetkan booking KPR dengan total nominal Rp 200 miliar dengan rincian Rp 120 miliar Non-subsidi, Rp 40 miliar subsidi, dan Rp 40 miliar penyaluran dengan skema Syariah," tandas Haru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com