Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I-2022, Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp 392,8 Miliar

Kompas.com - 13/05/2022, 18:19 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kuartal pertama tahun 2022, PT Jasa Marga (Persero) mampu mencatatakan kinerja positif di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang mulai pulih dari pandemi.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, tercatat Perseroan berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp392,8 miliar atau naik 142,7 persen dibandingkan kuartal I-2021 yakni sebesar Rp 231 miliar. 

Peningkatan kinerja kuartal I-2022 ini merupakan keberhasilan Perseroan menunjukkan komitmen untuk menjaga pertumbuhan kinerja.

Selain itu, Perseroan juga mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 3,2 triliun atau tumbuh 16 persen.

Baca juga: Gelar RUPST, Jasa Marga Kantongi Restu Spin-off Ruas Tol Trans-Jawa

Ini merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp 2,9 triliun atau naik 15,7 persen dan kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 257,8 miliar atau naik 9,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

Tidak hanya itu, Perseroan pada kuartal ini juga mampu merealisasikan pertumbuhan EBITDA sebesar 12,7 persen atau mencapai Rp 2,2 triliun, di mana EBITDA Margin mencapai 68,1 persen.

Hingga kuartal I-2022, Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 Km.

Pengoperasian dari seksi akhir Jalan Tol Manado-Bitung ini melengkapi ruas yang lebih dulu dioperasikan pada September 2020 lalu yaitu Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km.

Tidak hanya menambah panjang jalan tol operasi, di Januari 2022, Konsorsium Jasa Marga melalui PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Baca juga: Bersama PII, Jasa Marga Laksanakan Sertifikasi Insinyur Profesional

Dengan total panjang 206,65 Km, menjadikan ruas ini sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia, dengan nilai investasi sebesar Rp56 trliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Bertambahnya panjang jalan tol operasional dan konsesi pada Kuartal I-2022, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol yang telah beroperasi sepanjang 1.260 Km.

Jumlah tersebut merupakan 51 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga akhir tahun 2021 mencapai 1.809 Km di seluruh Indonesia.

Tol Berkelanjutan

Perseroan juga konsisten menjaga komitmen dalam mewujudkan jalan tol berkelanjutan baik dari aspek lingkungan hidup, sosial maupun tata kelola.

Mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022 di Bali, Perseroan melalui anak usahanya PT Jasamarga Bali Tol menandatangani Perjanjian Kerja Sama Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan PT Bukit Energi Investama (BEI) Februari 2022 lalu.

Panel surya yang saat ini tengah dalam proses pembangunan akan dipasang di enam titik pada jalur motor Jalan Tol Bali-Mandara dengan panjang masing-masing titik lokasi 1 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com