Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mowilex Resmi Jadi Mitra Museum Macan Tahun 2022

Kompas.com - 12/05/2022, 17:55 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Macan Jakarta resmi mempercayakan Mowilex sebagai mitra cat resmi museum tahun 2022 pada Kamis (12/5/2022).  

Melalui kerja sama tersebut, salah satu ruangan di Museum Macan yaitu Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum Macan Theresia Agustina Sitompul : Kembara Biru akan dicat dengan warna deep blue sea (2B-5C45) dari Mowilex agar menyerupai langit biru di angkasa.

Selain itu, produk cat Mowilax warna Olive Hills (9A-3B2) juga digunakan sebagai warna dinding utama pameran POSE yang digelar pada 30 April 2022.

Baca juga: Museum MACAN Hadirkan Pameran Ruang Seni Anak, Kembara Biru

POSE adalah pameran yang diambil dari nama lukisan S. Sudjojono, yang menampilkan pengamatan kritis atas pergelaran kelas sosial, tuntutan akan kenyamanan hidup dari golongan elite akibat pergeseran kuasa negara, keterhubungan pasar, dan budaya konsumerisme.

Direktur Museum Macan Aaron Seeto mengatakan proses perancangan pameran adalah elemen yang paling mendasar dalam menyampaikan pesan dari pameran tersebut. 

"Kami sangat bangga bekerja sama dengan Mowilex, terlebih karena kami berbagi nilai yang serupa mengenai kekuatan seni dan pentingnya membawa kreativitas dalam setiap aspek kehidupan," kata Aaron, Kamis (12/5/2022). 

Melalui kerja sama ini, para desainer pameran dan perupa yang terlibat memiliki akses terhadap rangkaian produk cat Mowilex dan juga keahlian mereka.

Hal ini dapat memberikan keleluasaan untuk bereksperimen dalam merancang pameran, serta memastikan karya para perupa ditampilkan dengan suasana yang optimal.

Sementara itu, Chief Marketing Officer, Mowilex Anna Yesito Wibowo mengatakan Mowilex menyambut dengan baik kerja sama eksklusif dengan Museum Macan dan menjadi Mitra Cat Resmi Museum Macan.

Penggunaan cat dekoratif interior Mowilex di area museum kami nilai sangat tepat dikarenakan formula Mowilex yang ramah lingkungan.

"Cat Mowilex berbahan dasar air dan tidak mengandung bahan logam berbahaya, sehingga tentunya sangat aman, apalagi untuk digunakan pada ruangan anak, karena Mowilex memiliki zero Volatile Organic Compound (VOC) yang artinya nyaris tidak ada residu yang menguap di dalam ruangan," ujar Anna. 

Diketahui, sejumlah karya bersejarah yang penting dari koleksi Museum Seni Rupa Keramik (MSRK) turut ditampilkan dalam pameran ini, termasuk Maka lahirlah angkatan ‘66 (1966) karya S Sudjojono.

Karya ini berkaitan dengan demonstrasi mahasiswa yang menandai lahirnya masa Orde Baru.

Pameran ini juga menampilkan Tulisan Putih (1972) karya AD Pirous, salah satu pemenang pameran besar seni lukis Indonesia pada tahun 1974, yang menandai peristiwa ‘Desember Hitam’ dan awal mula Gerakan Seni Rupa Baru.

Selain itu, terdapat karya dari koleksi Museum Macan oleh perupa yang mengamati perubahan dan pergeseran sosial di masyarakat di berbagai negara mulai dari Jepang, Cina, Amerika Serikat, dan Britania Raya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com