Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+5 Lebaran, Volume Lalin dari Sumatera ke Jawa Naik Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 08/05/2022, 17:23 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat 18.770 kendaraan yang meninggalkan Pulau Sumatra untuk kembali ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan (BakSel) pada Sabtu (07/05/2022) atau H+5 Lebaran.

Mengutip dalam keterangan pers pada Minggu (08/05/2022), angka itu melonjak 308,67 persen dari volume lalu lintas (lalin) normal yaitu 4.593 kendaraan.

Sehingga total kendaraan arus balik (3-7 Mei 2022) yang melintasi GT BakSel tercatat sebanyak 65.322 kendaraan.

Baca juga: 46.902 Kendaraan Balik ke Jawa via GT Bakauheni Tol Trans-Sumatera

Adapun sejak arus balik, Hutama Karya mencatat volume lalin di ruas tol yang dikelola Hutama Karya sebanyak 1.004.085 kendaraan, meningkat 60,30 persen dari kondisi normal.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari ruas-ruas di JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya, yakni Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Kemudian, Ruas Palembang-Indralaya, Ruas Pekanbaru-Dumai, Ruas Medan-Binjai, Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 2, 3, dan 4.

Walaupun angka kendaraan yang melintas sudah meningkat, Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan volume lalin puncak arus mudik pada Minggu (08/05/2022).

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengingatkan para pemudik yang akan melakukan perjalanan kembali ke Pulau Jawa agar dapat mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dan menghindari puncak arus balik sehingga perjalanan akan lebih aman.

"Pemerintah telah menyampaikan kebijakan kelonggaran Work From Home (WFH) selama sepekan setelah libur lebaran bagi ASN dan swasta dengan tujuan untuk mengurai kepadatan arus balik, sehingga pemudik dapat mengatur ulang jadwal kembali dengan cermat," ujar Dwi.

Menurut dia, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa rest area km 20B, 33B, 49B, 87B, 116B, 172B dan 215B yang dapat digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambil menunggu arahan petugas untuk dapat memasuki area pelabuhan dengan tertib.

Baca juga: Rekor Kembali Tercipta, Tingginya Volume Kendaraan Arus Balik 2022 di Jalan Tol

Selain itu, bekerjasama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), menyediakan penjualan tiket Ferry di rest area km 87B, 48B dan 20B guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

“Selama di rest area, pemudik bisa mengisi ulang BBM dan juga saldo uang elektronik untuk perjalanan selanjutnya, sehingga transaksi di gerbang tol akan semakin singkat dan nyaman," tutup Dwi.

Selain pada ruas jalan tol yang beroperasi, Hutama Karya turut memfungsionalkan dua ruas yang sudah selesai tahap konstruksinya selama arus mudik dan balik Lebaran.

Volume arus balik pada ruas fungsional sebanyak 52.435 kendaraan, yaitu Ruas Pekanbaru-Bangkinang sebanyak 26.169 kendaraan dan Ruas Bengkulu-Taba Penanjung sebanyak 26.266 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com