Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Blok C Tuntas, Ini Potret Pasar Sukawati Bali yang Baru

Kompas.com - 08/05/2022, 15:33 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pasar Sukawati Blok C di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, telah rampung dikerjakan.

Selesainya Blok C melengkapi revitalisasi Pasar Sukawati Blok A dan Blok B yang telah dibangun pada tahun 2020 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan revitalisasi dan pembangunan Pasar Seni Sukawati tetap mengedepankan arsitektur kearifan lokal Pulau Bali.

Sehingga pasar ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi, melainkan juga obyek wisata di Gianyar. Apalagi lokasinya berada di jalur pariwisata menuju Ubud dan Kintamani.

Baca juga: Dicat Putih Tulang, Pasar Beringharjo Bersolek Sambut Lebaran

Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.Dok. Kementerian PUPR Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.
"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan menerapkan prinsip-prinsip Bangunan Gedung Hijau," kata Basuki dalam keterangan pers, Minggu (08/05/2022).

Untuk diketahui, Pasar Sukawati Blok C dibangun setinggi 4 lantai dan 1 lantai basement seluas 10.206,95 meter persegi.

Pembangunan pasar ini terdiri dari 529 unit los dan 64 unit kios. Dilengkapi dengan parkir kendaraan khusus difabel dan dapat menampung 279 unit kendaraan roda dua pada area basement.

Di samping kios dan los, pembangunan Pasar Sukawati Blok C dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Seperti toilet, ruang menyusui, ruang kesehatan dan ruang bermain anak.

Pasar ini juga dilengkapi dengan lift untuk mempermudah akses pedagang dan pembeli.

Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.Dok. Kementerian PUPR Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.

Pasar Sukawati Blok C mulai dibangun pada 13 November 2020 dan selesai pada 20 Desember 2021 dengan nilai kontrak Rp 87,3 miliar.

Pembangunannya dilakukan oleh kontraktor PT Adhi Persada Gedung dan manajemen konstruksi PT Bina Karya.

Adapun Kementerian PUPR telah melakukan serah terima pengelolaan Pasar Sukawati Blok C kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar pada Februari 2022 silam.

Baca juga: Pura Agung Besakih Ditata, Ibadah Lebih Nyaman dan Aman

Direktur Prasarana Strategis Ditjen CIpta Karya Essy Asiah berharap pengelolaan Pasar Sukawati dapat dilakukan secara profesional.

"Pasar ini merupakan salah satu ikon wisata Bali, kami harap dapat dikelola dengan baik dan profesional," tandasnya.

Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.Dok. Kementerian PUPR Wajah Baru Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.
Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan, dari segi bangunan Pasar Sukawati sudah bagus. Sirkulasi angin, udara, dan cahaya yang bagus membuat pendingin ruangan tidak diperlukan.

"Para pedagang yang berjualan di sini agar menjual produk lokal Bali, baju buatan Bali, kamen dan tas buatan Bali. Apa yang dijual disini harus bisa memutar ekonomi lokal Bali," tuturnya.

Sebelumnya, telah dilakukan Pembangunan Blok A dan Blok B Pasar Seni Sukawati seluas 9.493 meter persegi dengan gedung bertingkat 4 lantai untuk Blok A dan 3 lantai Blok B dengan kapasitas 31 kios dan 779 los kering.

Pada bagian basement Pasar Sukawati Blok A, B, dan C sudah saling terintegrasi antara satu dengan lainnya yang memiliki fungsi sebagai area parkir kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com