Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2 Lebaran, GT Merak Terpantau Padat hingga Hampir Tidak Bergerak

Kompas.com - 30/04/2022, 10:16 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Merak Jalan Tol Tangerang-Merak terpantau padat hingga hampir tidak bisa bergerak pada H-2 Lebaran atau Sabtu (30/4/2022) pukul 9.00 WIB.

Informasi ini disampaikan dalam akun Instagram resmi Astra Infra Toll Road untuk Tol Tangerang-Merak @astratoltamer, Sabtu (30/4/2022).

"Selamat pagi, kami informasikan kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Merak terjadi kepadatan dan hampir tidak bergerak," ucap petugas Tol Tangerang-Merak dalam akun tersebut.

Para pengguna jalan tol yang melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumatera dapat menjadwalkan keberangkatan sesuai dengan tiket kapal penyeberangan.

Bagi pengguna jalan yang sudah di kapal untuk dapat menggunakan pintu alternatif sebelum GT Merak.

Pengguna jalan tol diimbau untuk mencukupi saldo uang elektronik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar tidak terjadi gangguan pada saat melakukan perjalanan mudik.

Pengelola mengimbau agar para pengguna jalan tol memanfaatkan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area.

Baca juga: Pelabuhan Merak Padat Kendaraan, Menhub Minta Diterapkan First in First out

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Merak untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal adalah yang lebih dulu masuk ke kapal.

Menurut dia, terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal pada 25 April 2022 lalu disebabkan adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan. Padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama.

"Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelas Budi dikutip dari situs resmi Kemenhub, Jumat (29/4/2022).

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke Pelabuhan Merak menyesuaikan dengan keberangkatan kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com