Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Lokasi Shalat Id, JIS Bisa Tampung 14.757 Jemaah

Kompas.com - 27/04/2022, 21:39 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara akan menjadi salah satu lokasi shalat Idul Fitri tahun ini.

Stadion bertaraf internasional yang telah menggelar soft launching belum lama ini dilaporkan mampu menampung sebanyak 14.757 jemaah di area ramp barat hingga concourse selatan, dilansir dari Antara, Rabu (27/4/2022).

Sedangkan sebelumnya, ramp timur JIS juga direncanakan akan digunakan sebagai tambahan lokasi shalat Id, sehingga jumlah jemaah bisa bertambah menjadi 24.157 orang.

Akan tetapi, Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Aceng Zaini mengatakan, posisi kemiringan ramp timur kurang cocok digunakan untuk shalat Id.

“Info terakhir, area ramp timur JIS batal digunakan untuk jemaah shalat Id dikarenakan posisi kemiringannya,” ujarnya.

Baca juga: Anies Klaim JIS Cetak Banyak Rekor di Bidang Konstruksi, Ini Kata HAKI

Padahal sebelumnya, ramp timur disiapkan untuk mengantisipasi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti shalat Id bersama.

Tambah Aceng, masyarakat yang ingin mengikuti shalat Id berjemaah di JIS bisa langsung datang tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

Panitia juga telah menyediakan 60 titik area wudhu yang tersebar di 4 tangga timur dan barat, 4 unit toilet, dan 20 titik keran yang didukung oleh truk pompa PAM Jaya di sisi barat JIS.

Sayangnya, hanya tersedia tempat parkir yang mampu menampung 2.000 kendaraan. Oleh karena itu, pantia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum atau menggunakan kantong-kantong parkir lain di sekitar area JIS.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, PT Transjakarta telah membuka layanan baru non-bus rapid transit (BRT) yaitu Rute 14 yang melayani JIS-Senen yang mulai beroperasi pada Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Soft Launching JIS Dimulai Rabu Ini, lalu Kapan Peresmiannya?

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus yang tersedia di dalam armada dengan tarif Rp 3.500 sekali jalan.

Adapun lintasan layanan non-BRT rute 14 JIS-Senen adalah sebagai berikut:

Berangkat:

JIS-Jl Sunter Permai Raya-Jl Danau Sunter Barat-Jl HBR Motik-Jl Benyamin Sueb-Jl Kemayoran Gempol-Jl Utan Panjang Timur-Jl Sukamulya Raya-Jl Tanah Tinggi Timur-Jl Letjend Suprapto-Jl Senen Raya-Jl Wahid Raya–Senen

Kembali:

Senen-Jl Pasar Senen-Jl Letjend Suprapto-Jl Tanah Tinggi Barat-Jl Utan Panjang Barat-Jl Kemayoran Gempol-Jl Benyamin Sueb (berputar di Bundaran JIEXPO)-Jl HBR Motik-Jl Danau Sunter Barat-Jl Sunter Permai Raya-JIS.

Selain rute tersebut, PT Transjakarta juga telah membuka rute JIS-Harmoni pada akhir tahun 2021 lalu.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta turut menyiapkan moda transportasi umum lain, seperti commuterline (KRL) dan Light Rail Transit (LRT).

Dikabarkan akan segera dibangun LRT Velodrome-Kelapa Gading yang tersambung ke JIS dan disusul dengan pembahasan stasiun KRL bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com