Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Properti Membaik, Intiland Raup Rp 500 Miliar Hanya 3 Bulan

Kompas.com - 27/04/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Intiland Development Tbk membukukan marketing sales (pra-penjualan) sebesar Rp 500 miliar sepanjang Kuartal I-2022.

Perolehan ini meningkat hingga 61 persen bila dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp 310 miliar.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono mengungkapkan, kinerja penjualan perseroan disebabkan oleh sejumlah faktor.

Pertama, faktor pasar properti yang mulai membaik dan faktor lainnya karena meningkatnya penjualan dari segmen perumahan dan kawasan industri.

Baca juga: Sepanjang 2021, Intiland Cetak Marketing Sales Rp 1,64 Triliun

“Secara umum pasar properti berangsur-angsur membaik. Keyakinan masyararakat sudah mulai pulih dan kembali melakukan pembelian, sentimen pasar tumbuh positif,” katanya dari rilis, Rabu (27/4/2022).

Archied menilai, kondisi pasar properti pada tiga bulan pertama tahun ini lebih kondusif dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan produk properti dalam tren meningkat, seiring dengan naiknya permintaan konsumen yang ingin memanfaatkan sejumlah insentif kebijakan Pemerintah.

Segmen pengembangan perumahan mencatatkan kontribusi marketing sales terbesar senilai Rp 254 miliar atau 51 persen dari keseluruhan.

Kontributor berikutnya berasal dari penjualan segmen kawasan industri senilai Rp 190 miliar atau memberikan kontribusi 38 persen.

Sementara segmen pengembangan mixed-use & high rise memberikan kontribusi 11 persen dengan membukukan marketing sales Rp 57 miliar.

Berdasarkan lokasi pengembangannya, proyek-proyek di Surabaya memberikan kontribusi marketing sales Rp 319 miliar atau 64 persen.

Baca juga: WNA Bisa Beli Properti di Indonesia, Berikut Aturan, Syarat, Jenis, dan Harganya

Sementara sisanya berasal dari penjualan proyek-proyek di Jakarta dan sekitarnya senilai Rp 182 miliar atau 36 persen.

Intiland telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan marketing sales tahun ini.

Selain mendorong penjualan unit-unit inventori, terutama dari produk-produk siap huni, perusahaan juga merencanakan sejumlah pengembangan klaster dan produk baru di proyek proyek berjalan, khususnya segmen pengembangan kawasan perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com