Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakorlantas Resmikan Command Center dan Kantor PJR di Km 29 Tol Japek

Kompas.com - 26/04/2022, 10:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi meresmikan command center dan kantor patroli jalan raya (PJR) Ditgakkum Korlantas Polri di Km 29 Tol Jakarta-Cikampek.

Firman mengatakan, kantor yang diresmikan kali ini bisa digunakan bersama stakeholder lainnya yang rutin melakukan operasi khusus.

Command center ini bisa digunakan bersama dengan para stakeholder terkait. Hal ini juga untuk efisiensi,” kata Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Pelanggar Ganjil Genap Tol Japek Dikeluarkan ke GT Karawang Barat

Command center ini telah terintegrasi dengan beberapa sistem aplikasi Korlantas Polri seperti Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), pengaturan penjagaan dan patroli, serta CCTV yang terkoneksi dengan para stakeholder.

“Selain sebagai pusat kendali, adanya command center ini membantu petugas untuk bergerak cepat karena bisa melihat kejadian penting di lapangan,” jelasnya.

Firman berharap dengan adanya command center jajaran Polri semakin optimal dalam bertugas dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap jajaran Polri bisa semakin optimal dalam menjaga situasi, keamanan, dan ketertiban masyarakat,” tutup Firman. 

Adapun kantor command center yang diresmikan merupakan bekas bangunan Kantor Perwakilan Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek.

Kantor tersebut tidak difungsikan setelah Gerbang Tol Cikarang Utama dipindahkan ke wilayah Karawang menjadi Gerbang Tol Cikampek Utama.

Diketahui, sebanyak 85,5 juta orang diperkirakan akan mudik pada momen Lebaran 2022. Di mana, 14 juta orang atau 16,4 persen di antaranya merupakan pemudik yang berasal dari wilayah Jabodetabek. 

Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini merupakan ruas tol yang sering diandalkan oleh para pemudik dari Jabodetabek dengan tujuan ke berbagai wilayah. 

Baca juga: Ini Lokasi Penerapan Ganjil Genap di Ruas Jalan Tol Trans-Jawa

Karena itu, selain melakukan pengawasan, kepolisian juga akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas di ruas tol tersebut untuk mencegah terjadinya kemacetan salah satunya dengan menerapkan kebijakan ganjil genap. 

Adapun uji coba rekayasa lalin ganjil genap ini akan diterapkan di ruas jakan tol Japek selama tiga hari. Penerapan di hari pertama sudah berlangsung pada Senin (25/4/2022) pukul 11.00-13.00 WIB.

Penerapannya dimulai di Tol Japek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Tol Japek Km 70 pada Selasa (26/4/2022), aturan ganjil genap pun akan berlangsung pada pukul 11.00-13.00 WIB.

Penerapan berlangsung di Tol Japek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Palimanan Utama Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Sementara Rabu (27/4/2022), aturan ganjil genap diterapkan mulai pukul 10.00-17.00 WIB, dimulai dari Tol Japek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang Km 414.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com