Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Rumah Khusus Resmi Diserahkan ke Keluarga Prajurit KRI Nanggala 402

Kompas.com - 21/04/2022, 09:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 53 rumah khusus (rusus) yang dibangun untuk keluarga atau ahli waris prajurit KRI Nanggala 402 resmi diserah terimakan pada Rabu (20/4/2022) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pengadaan rusus tersebut adalah sebagai bentuk penghormatan kepada awak kapal perang yang telah gugur saat melaksanakan latihan di Laut Bali pada 21 April 2021 lalu.

Penyerah terimaan kunci simbolis dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati.

Pembangunan rusus ini berada di bawah tanggung jawab Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa IV (Jawa Timur-Bali), Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR dengan biaya APBN senilai Rp 14,2 miliar.

Adapun masa pelaksana pekerjaan dilakukan sejak bulan Agustus 2021 dan dinyatakan rampung seluruhnya pada Januari 2022.

Baca juga: Rumah Khusus Pasca Bencana Seroja di NTB Siap Ditempati

Terkait hal ini, Yusniewati menjelaskan bahwa terdapat empat tipe rusus dengan luas yang berbeda.

Adalah 1 rusus tipe 90 dengan luas 320 meter persegi untuk keluarga perwira tinggi dan 7 rusus tipe 72 dengan luas 280 meter persegi untuk keluarga perwira menengah.

Selanjutnya 10 rusus tipe 54 seluas 280 meter persegi untuk keluarga perwira pertama dan 35 rusus tipe 45 seluas 230 meter persegi untuk keluarga prajurit bintara, tamtama dan PNS.

Tak hanya rumah, Kementerian PUPR juga turut membangun berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan dan keamanan bagi penghuni,

Jelas Yusniewati, tersedia fasilitas pos keamanan, jalan lingkungan, penerangan jalan umum hingga gedung serbaguna.

Baca juga: Mengupas Program Pembangunan Rumah Khusus, Seperti Apa Contohnya?

"Semoga memberikan manfaat bagi seluruh ahli waris prajurit yang gugur," kata Yusniewati, dikutip dari siaran pers, Kamis (21/4/2022).

Serah terima 53 rumah khusus untuk keluarga prajurit KRI Nanggala 402 di SidoarjoKementerian PUPR Serah terima 53 rumah khusus untuk keluarga prajurit KRI Nanggala 402 di Sidoarjo
Dalam acara peresmian ini, Menteri Prabowo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelesaian pembangunan Rusus KRI Nanggala 402.

Prabowo turut berpesan agar rusus dijaga dan dirawat dengan baik sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi, loyalitas dan semangat prajurit yang gugur.

"Saya berpesan agar dijaga dan dirawat dengan baik. Ini adalah upaya kita semua dalam mengenang dan menghormati jasa dan pengorbanan pahlawan bangsa dalam menjaga perairan Indonesia," tanda Menhan Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com