Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Akses ke IKN, Konstruksi Jembatan Pulau Balang Habiskan Dana Rp 1,3 Triliun

Kompas.com - 20/04/2022, 16:38 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhrinya merampungkan konstruksi Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kehadiran jembatan ini kian mempermudah akses ke IKN Nusantara karena menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Jembatan ini membutuhkan waktu yang lama untuk selesai karena telah dibangun sejak tahun 2015 silam. Biaya konstruksi yang dihabiskan sebesar Rp 1,4 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan adanya jembatan tersebut, maka jarak tempuh dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara bisa dipersingkat.

Baca juga: Ini Bocoran Skema Pengadaan Tanah di IKN Nusantara

"Semula dari Balikpapan ke Kabupaten Penajam Paser Utara butuh waktu 4 jam karena harus memutar dengan jarak sekitar 80 km. Adanya jembatan membuat jarak lebih pendek yakni sekitar 30 km sehingga perjalaan hanya memakan waktu 1 jam," ujar Basuki melalui situs resmi Kementerian PUPR.

Selain sebagai penghubung jaringan jalan poros selatan Kalimantan, menurut Basuki jembatan Pulau Balang juga mendukung rencana pembangunan pelabuhan peti kemas Kariangau dan kawasan industri Kariangau.

Jembatan tipe cable stayed ini dibangun berdasarkan kerjasama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kabupaten Penajam serta Kabupaten Penajam Paser Utara.

Proyek pembangunan yang dilakukan yakni jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.807 meter.

Baca juga: Taman Hutan Ini Jadi Referensi Konsep Forest City IKN Nusantara

Pembiayaan konstruksi Jembatan Pulau Balang memanfaatkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada Tahun Anggaran 2015-2021 senilai Rp 1,4 triliun.

Dalam proyek ini, kontraktor pelaksana pembangunan Jembatan Pulau Balang adalah Hutama Karya, Adhi Karya dan Bangun Cipta (KSO).

Bertindak sebagai Konsultan Supervisi dalam proyek ini adalah PT. Adiya Widyajasa KSO, PT. Wira Widyatama, dan PT. Hanata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com