Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sejumlah Persiapan Jalur Mudik di Pantura Jawa

Kompas.com - 20/04/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang mudik Lebaran 2022, pemeritah terus menggenjot kesiapan jalan tol maupun jalan nasional non-tol.

Seperti halnya langkah Bina Marga Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jawa Tengah yang tengah melakukan pemeliharaan Jalan Pantai Utara (Pantura).

Melansir Antara, Rabu (20/4/2022), sejumlah jalur yang sedang dipersiapkan meliputi Lingkar Pemalang sepanjang 800 meter, Pekalongan 400 meter dan Batang 960 meter.

Artinya, total panjang jalan Pantura ruas Pemalang-Batang yang tengah digarap adalah 2.160 meter.

Terkait hal ini, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.2 Nyoman Yasmara memaparkan beberapa persiapannya, antara lain penambalan lubang, perawatan jembatan, pengecatan media jalan dan pemeliharaan lainnya.

Baca juga: Progres Infrastruktur Jalan KIT Batang, Terkoneksi Pantura dan Tol Trans Jawa

Untuk pengaspalan ulangnya ditargetkan selesai pada Selasa malam (19/4/2022) kemarin. Sedangkan sisa pengerjaan menyusul diselesaikan hingga H-10 Hari Raya Idul Fitri.

Adapun perbaikan ini diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara dan pemudik yang melewati ruas Pemalang-Batang, sekaligus mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

Jalan Pantura menuju Jawa Tengah jelang Mudik Lebaran 2022KEMENHUB Jalan Pantura menuju Jawa Tengah jelang Mudik Lebaran 2022
Sementara itu, diberitakan bahwa Jalan Pantura wilayah Pekalongan, telah memiliki tim gabungan dari Polres Pekalongan dan Dinas Perhubungan setempat untuk mempersiapkan momentum ini.

Misalnya dengan menetapkan rest area, pos pengamanan Lebaran hingga kondisi jalur rawa di Jalan Pantura.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Munawwarah mengatakan, tersedia dua rest area di Jalan Pantura wilayah Pekalongan yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik.

Baca juga: Para Ahli Beberkan Penyebab Pantura Jawa Bisa Terendam Air Laut

Dua rest area tersebut berada di Kantor Kecamatan Siwalan dan Eks Kompleks International Batik Center di Kecamatan Wiradesa.

“Ini persiapan sudah melaksanakan langkah-langkah perbaikan dan Insyaallah H-15 sudah rampung semuanya. Untuk jalan secara keseluruhan sudah bisa digunakan untuk persiapan mudik nanti,” ujarnya.

Melalui hasil pengecekan yang dilakukan oleh tim gabungan, diketahui titik rawan lambat kendaraan berada di Kecamatan Wiradesa yang biasanya terjadi pasar tumpah.

Sat Lantas Polres Pekalongan juga menyiapkan untuk quick response bila terjadi kecelakan dan tim urai yang akan membantu pemudik yang terjebak kemacetan.

Sedangkan untuk rekayasa jalan, Polres setempat rencananya akan melakukan operasi ketupat menjelang Lebaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com