Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rumah Serba Transparan di Jepang, Seperti Apa Penampakannya?

Kompas.com - 18/04/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Housing

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya rumah didesain agar mampu memberikan privasi bagi penghuninya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi rumah transparan di Jepang yang dibangun oleh arsitek terkenal, Sou Fujimoto.

Melansir Housing, Senin (18/4/2022), rumah transparan ini memiliki luas 84,9 meter persegi dan dibangun karena terinspirasi oleh nenek moyang manusia purba yang sebagian besar menghuni pohon.

Baca juga: Kamagasaki, Kota Terkumuh di Jepang Dihapus dari Peta, Kenapa?

Rumah ini hampir tidak memiliki dindig di bagian dalam rumah dan menawarkan cahaya matahari yang cukup karena jendela kaca besar transparan dan tanpa privasi yang digunakan.

Terdapat tiga lantai hunian dan ruang tamu vertikal menarik dengan 21 pelat bangunan atau salah satu elemen struktur yang mampu menahan beban di mana beban akan disalurkan ke struktur rangka vertikal seperti kolom.

Transparent House in JapanIwan Baan Transparent House in Japan
Ukuran pelat lantai berkisar antara 1,9 meter persegi sampai dengan 7,5 meter persegi yang dihubungkan satu sama lain oleh beberapa tangga.

Keseluruhan pelat terletak di ketinggian yang beragam, sehingga memungkinkan penghuni rumah untuk berada di bagian rumah manapun selayaknya tinggal di batang pohon.

Stratifikasi pelat lantai memungkinkan hunian ini untuk melayani berbagai fungsi, termasuk menciptakan ruang lingkup untuk ruang kerja yang fungsional dan inovatif serta menyediakan beberapa pengaturan tempat duduk.

Rumah transparan itu juga memiliki rangka baja tipis dengan lantai kayu birch berwarna putih yang indah.

Menurut Sou Fujimoto, bagian paling menarik dari rumah yang terispirasi dari pphon ini adalah tempat-tempat yang tidak terisolasi tetapi tetap terhubung satu sama lain.

Baca juga: Menara Nakagin, Sisa Arsitektur Metabolisme yang Resmi Dibongkar

“Mendengar suara seseorang dari seberang dan atas, melompat ke cabang lain, diskusi yang terjadi di antara cabang-cabang oleh anggota dari cabang yang terpisah adalah beberapa momen kekayaan yang ditemui melalui kehidupan yang padat secara spasial,” ungkap Fujimoto.

Transparent House in JapanIwan Baan Transparent House in Japan
Karenanya, rumah transparan Jepang ini juga diberi label unity of separation and coherence atau kesatuan pemisahan dan koherensi yang berfungsi sebagai satu kamar atau kumpulan beberapa kamar dengan desain cerdas dan menarik.

Sementara ventilasinya diposisikan secara unik untuk meningkatkan sirkulasi udara dan memastikan untuk menjadi satu-satunya sumber pendinginan pada saat musim panas.

Namun demikian, beberapa pelat lantai memiliki pemanas di lantai untuk musim dingin yang nyaman dan nyaman.

Selain itu, rumah ini juga dilengkapi dengan tirai yang juga telah dipasang untuk mengaktifikan partisi sementara untuk memberikan sedikit privasi ketika dibutuhkan.

Lebih lanjut, Sou Fujimoto mengakui bahwa struktur berbasis rangka baja putih tidak memiliki kemiripan nyata dengan pohon mana pun, namun ia menyoroti bahwa kehidupan yang dijalani di ruang ini adalah adaptasi kontemporer dari kekayaan yang pernah dialami oleh nenek moyang saat mereka menghuni pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Housing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com