Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Nakagin, Sisa Arsitektur Metabolisme yang Resmi Dibongkar

Kompas.com - 14/04/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nakagin Capsule Tower atau Menara Nakagin adalah gedung mixed-use berkonsep arsitektur metabolisme.

Sayangnya, gedung futuristik yang dibangun pada tahun 1970 dan dibuka untuk umum pada 1972 tersebut resmi dibongkar pada 12 April 2022 karena sudah usang serta tak layak huni.

Melansir Kanpai Japan, Kamis (14/4/2022), arsitektur metabolisme adalah gerakan yang muncul pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.

Empat arsitek muda membentuk grup yang terdiri dari Kiyonori Kikutake, Kisho Kurokawa, Fumihiko Maki, dan kritikus Noboru Kawazoe.

Mereka memiliki semangat besar untuk mengembangkan arsitektur ini dan sangat dipengaruhi oleh profesor mereka yang merupakan arsitek superstar nasional, Kenzo Tange.

Baca juga: Mengenal Gaya Arsitektur Baroque, Representasi Kejayaan Gereja Katolik

Ide utamanya adalah untuk membuat bangunan perubahan potensial yang dapat terus berkembang, tumbuh, dan berubah seiring dengan kemajuan zaman.

Arsitektur ini mencapai masa keemasan pada tahun 1970-an, bersamaan dengan dibangunnya Menara Nakagin oleh Kisho Kurokawa.

Dalam membangun Menara Nakagin, Kurokawa membayangkan solusi akomodasi yang cocok untuk pegawai melalui apartemen fungsional di kota Ginza.

image_vultureNed Snowman image_vulture
Ginza terpilih sebagai lokasi proyek karena dekat dengan Stasiun Shimbashi dan Shinagawa serta Marunouchi yang merupakan kawasan perkantoran.

Pada masa pembangunannya saat itu, Ginza menawarkan lanskap datar dengan pemandangan dari atas Menara Nakagin yang indah dan tak terhalang.

Baca juga: Mengintip Gaya Arsitektur London, Kota Paling Romantis di Dunia

Gedung ini terdiri dari dua buah menara beton bertulang yang berdampingan. Terdapat sejumlah 140 kapsul baja yang ditopang dan melekat dengan struktur utama.

Susunan kapsul terpendek adalah 11 lantai dan tertinggi adalah 13 lantai dengan luas kapsul sebesar 10 meter persegi.

Dengan ukuran tersebut, setiap kapsul disusun dengan berbagai fasilitas, seperti sanitasi, ruang tamu yang dibagi menjadi dua zona, furnitur built-in, televisi, telepon, radio, stereo hi-fi, tempat tidur dan kursi.

Terdapat pula sebuah jendela berbentuk bundar berdiameter 1,3 meter yang menjadi ciri khas Menara Nakagin.

Inside Nakagin Capsule Towermizunova Inside Nakagin Capsule Tower
Adapun rencananya, setiap kapsul dari menara akan diganti setiap 25 tahun untuk peremajaan. Akan tetapi, rencana renovasi kapsul tidak pernah terwujud.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com