Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disaksikan Jokowi, INA, HK, dan Waskita Sepakat Kerja Sama Percepat Bangun Tol

Kompas.com - 14/04/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengumuman kerja sama investasi antara Indonesia Investment Authority dengan PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk pengembangan jalan tol di Indonesia.

Kerja sama ini diwujudkan dalam Heads of Agreement atau HOA (Perjanjian Induk) antara INA dan Hutama Karya untuk sejumlah ruas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS).

Ini mencakup Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan Tol Medan-Binjai (Mebi).

Selain itu, Confirmation of Transaction Commencement atau CTC (Konfirmasi Dimulainya Transaksi) antara INA dan anak usaha Waskita yakni PT Waskita Toll Road atau WTR.

Baca juga: Akan Ada Tol Getaci, Pemkot Bandung Rencanakan Pelebaran Jalan Gedebage Selatan

Ini mencakup sejumlah ruas Jalan Tol-Trans Jawa seperti Tol Kanci-Pejagan dan Tol
Pejagan-Pemalang.

CEO INA Ridha Wirakusumah mengatakan, investasi untuk percepatan pembangunan
dan pengembangan jalan tol, khususnya Trans-Sumatra dan Trans-Jawa akan menciptakan efek multiplikasi pada pertumbuhan ekonomi dan mengoptimalkan potensi ekonomi di kedua pulau tersebut.

Menurutnya, kerja sama ini juga sejalan dengan misi INA untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

“Selain itu, investasi ini menunjukkan sinyal positif bagi iklim investasi di Indonesia, terutama
minat sektor infrastruktur jalan tol," ujar Ridha dikutip dari rilis, Kamis (14/3/2022).

Baca juga: Hutama Karya Terapkan Teknologi Toll Road 4.0, Intip Kecanggihannya

Ridha melanjutkan, pihaknya akan terus menggalang investasi untuk sektor-sektor lain yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memberikan dampak positif pada pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan rasa optimismenya dari kerja sama perseroan dengan INA.

Investasi dari INA menjadi sumber pembiayaan baru, melengkapi dana Penyertaan Modal
Negara (PMN) dan pinjaman yang membantu kami mempercepat pembangunan ruas-ruas JTTS
lainnya,” ujar Budi.

Sementara itu, Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono, menyampaikan, kerja sama investasi dengan INA merupakan tindak lanjut dari Heads of Agreement yang telah ditandatangani pada 21 Februari 2022.

“Investasi INA akan mendukung komitmen perseroan menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol, terutama Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditetapkan Pemerintah," tandas Destiawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com