Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana Salat Ied di JIS? Anda Bisa Naik Transportasi Umum Ini

Kompas.com - 10/04/2022, 12:01 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) direncanakan akan menjadi salah satu lokasi salat Idul Fitri tahun ini.

"Insyaallah nanti kami gunakan untuk salat Idul Fitri. Silakan nanti rakyat Jakarta yang ingin salat, salah satu tempat di antaranya di JIS," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dilansir dari Tribun News, Minggu (10/4/2022).

Riza menambahkan, meskipun stadion terbesar di Asia ini terletak di Jakarta Utara, lokasi JIS termasuk strategis karena bisa dijangkau oleh transportasi umum, seperti Transjakarta.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, PT Transjakarta telah membuka layanan baru non-bus rapid transit (BRT) yaitu Rute 14 yang melayani JIS-Senen yang mulai beroperasi pada Selasa (1/3/2022).

Pembukaan uji coba rute ini merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor 45 Tahun 2022 tentang Uji coba Lintasan dan Rute Layanan Bus Transjakarta yang Terintegrasi dengan Jakarta Intertational Stadium (JIS).

Baca juga: Melihat Atraksi Lighting Fasad JIS, Ada Tulisan Ramadhan

“Sebagai bentuk dukungan, Transjakarta menyediakan layanan Rute 14 JIS-Senen. Ini sekaligus bentuk konsistensi kami dalam memperluas jangkauan layanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses transportasi yang aman dan nyaman,” kata Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Angelina Betris, Senin (28/02/2022).

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus yang tersedia di dalam armada dengan tarif Rp 3.500 sekali jalan.

Masyarakat yang ingin beraktivitas bersama Transjakarta diwajibkan untuk menunjukan bukti telah melakukan vaksin Covid-19 baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI maupun dokumen yang sudah cetak atau bentuk softcopy kepada petugas.

Pelanggan juga diwajibkan untuk mengenakan masker, melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki gate halte, menjaga jarak serta tidak melakukan percakapan baik secara langsung maupun melalui sambungan telpon.

Baca juga: Berkat Atap Buka Tutup, Konser Musik hingga Pameran Bisa Digelar di JIS

 “Kami menghimbau masyarakat untuk selalu menaati aturan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan kita bersama,” ucapnya.

Adapun lintasan layanan non-BRT rute 14 JIS-Senen adalah sebagai berikut:

Berangkat:

JIS-Jl Sunter Permai Raya-Jl Danau Sunter Barat-Jl HBR Motik-Jl Benyamin Sueb-Jl Kemayoran Gempol-Jl Utan Panjang Timur-Jl Sukamulya Raya-Jl Tanah Tinggi Timur-Jl Letjend Suprapto-Jl Senen Raya-Jl Wahid Raya–Senen

Kembali:

Senen-Jl Pasar Senen-Jl Letjend Suprapto-Jl Tanah Tinggi Barat-Jl Utan Panjang Barat-Jl Kemayoran Gempol-Jl Benyamin Sueb (berputar di Bundaran JIEXPO)-Jl HBR Motik-Jl Danau Sunter Barat-Jl Sunter Permai Raya-JIS.

Selain rute tersebut, PT Transjakarta juga telah membuka rute JIS-Harmoni pada akhir tahun 2021 lalu.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta turut menyiapkan moda transportasi umum lain, seperti commuterline (KRL) dan light rail transit (LRT).

Dikabarkan akan segera dibangun LRT Velodrome-Kelapa Gading yang tersambung ke JIS dan disusul dengan pembahasan stasiun KRL bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com