Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Kolombia Jajaki Kerja Sama Pertanahan dan Tata Ruang

Kompas.com - 08/04/2022, 12:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah menjajaki potensi kerja sama urusan pertanahan dan tata ruang dengan Kolombia.

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra mengatakan Indonesia dan Kolombia memiliki banyak kesamaan terkait urusan pertanahan dan tata ruang, sehingga mendorong terjadinya kerja sama.

“Kita bisa sama-sama belajar sesuatu. Kita belajar sesuatu dari mereka, mereka juga belajar dari kita,” kata Surya dalam keterangannya, Jumat (08/04/2022). 

Baca juga: Simak, Pemegang Hak Atas Tanah Dilarang Melakukan Beberapa Hal Ini

Jika kerja sama terjadi, Kementerian ATR/BPN dan ANT Kolombia dapat saling bertukar pengetahuan mengenai transformasi digital dalam bidang pertanahan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan institusi, kebijakan, dan pengembangan teknis keagrariaan.

Selain itu, keduanya juga akan saling membahas terkait pencapaian, target, program, dan berbagai tantangan yang dihadapi oleh masing-masing negara.

Salah satu topik yang mengemuka ialah langkah-langkah yang dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk mewujudkan ekonomi berkeadilan melalui pembangunan nasional, konsolidasi tanah, dan reforma agraria, yang merupakan fungsi dari bank tanah.

“Hal yang rasanya menarik, soal bank tanah, kita baru modelnya dibentuk, tapi ada yang sudah lebih dahulu, yaitu dari Malaysia. Mungkin kalau kita dengan Kolombia konteksnya belajar bersama, bisa sharing pengalaman dan tantangan,” ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Penataan Agraria, Andi Tenrisau menjelaskan mengenai dasar hukum penataan sumber daya agraria di Indonesia.

“Undang-Undang Dasar kami, konstitusi kami sudah mengatur bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” tutur Andi. 

Di sisi lain, Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzales menyampaikan antusiasmenya terkait potensi kerja sama urusan pertanahan dan tata ruang antar kedua negara.

“Sebenarnya banyak yang bisa kita pelajari dari Indonesia,” pungkas Juan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com