Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Proyek Infrastruktur Dapat Kredit Sindikasi Rp 2,9 Triliun, Apa Saja?

Kompas.com - 01/04/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua proyek infrastruktur milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan fasilitas pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 2,9 triliun.

Kedua proyek infrastruktur yang mendapatkan pinjaman adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I dan penggantian dan/atau duplikasi 37 Jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa.

Hal ini diwujudkan dalam acara penandatanganan perjanjian kredit oleh Bank Mandiri dan beberapa mitra beserta dua Badan Usaha Pelaksana (BUP), PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur dan PT Baja Titian Utama.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri dan para mitranya yang telah mendukung kedua proyek tersebut.

"Sehingga, pada hari ini kita bisa bersepakat semua untuk membiayai," ujar Basuki dalam sambutannya pada acara penandatangan tersebut di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Sebelum Kabinet Jokowi Selesai, 37 Jembatan Callender Hamilton Tuntas Diganti

Untuk diketahui, SPAM Regional Jatiluhur I merupakan proyek milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikerjakan oleh Wika Tirta Jaya Jatiluhur.

Sedangkan penggantian dan/atau duplikasi 37 Jembatan CH di Pulau Jawa adalah proyek Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang dilaksanakan oleh Baja Titian Utama.

Dari total pinjaman sebesar Rp 2,9 triliun, kredit sebesar Rp 1,172 triliun diberikan untuk proyek SPAM Jatiluhur I.

Jumlah itu terdiri dari pinjaman yang diberikan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai mandated lead arranger & bookrunner sebesar Rp 572,6 miliar.

Sementara sisanya dari berasal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat (BPD Jabar).

Adapun untuk penggantian dan/atau duplikasi 37 jembatan CH di Pulau Jawa mendapatkan fasilitas pembiayaan senilai Rp 1,732 triliun dari Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com