Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Kelar Dibangun 2023, Simak Deretan Manfaat Bendungan Leuwikeris

Kompas.com - 31/03/2022, 09:12 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah menggenjot pembangunan bendungan yang terletak di antara Kabupaten Tasikmalaya maupun Ciamis, Leuwikeris.

Jika kelak rampung pada tahun 2023, Bendungan Leuwikeris setidaknya akan memiliki lima manfaat.

Kelimanya adalah menyuplai air irigasi Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara di Ciamis seluas 6.600 hektare dan DI Manganti di Cilacap seluas 4.616 hektare.

Kemudian, menyediakan air baku sebesar 845 liter per detik bagi Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis dan, mereduksi banjir sebesar 11,7 persen dari 509,7 meter kubik per detik menjadi 450,02 meter kubik per detik.

Lalu, potensial menjadi sumber daya listrik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 20 megawatt (MW), serta estinasi pariwisata serta kawasan konservasi air tanah, dan perikanan.

Artikel ini menjadi terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk konstruksi Bendungan Leuwikeris? Jawabannya ada di artikel ini Simak, Lima Manfaat Kehadiran Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat

Jalan Tol Demak-Tuban yang akan menjadi bagian Jalan Tol Lintas Pantai Utara ini menghubungkan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Karena menghubungkan dua provinsi di Pulau Jawa, tol tersebut nantinya membentang 180,58 kilometer dan menelan dana investasi Rp 45,71 triliun.

Dari dana tersebut terbagi dari porsi pemerintah sebesar Rp 2,68 triliun untuk pembebasan lahan.

Bagaimana dengan sisanya? Baca informasi selengkapnya di sini Proyek Tol Demak-Tuban Diprediksi Habiskan Dana Rp 45,71 Triliun

Meskipun fungsinya adalah untuk mencuci pakaian dan benda lain, bukan berarti semua barang berbahan kain bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci.

Anda harus mengetahui mana saja barang yang boleh dicuci di perangkat elektronik ini dan mana yang tidak.

Ulasan selengkapnya bisa Anda baca di sini Tahukah Anda, Barang Ini Pantang Dicuci di Mesin Cuci?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com