Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Serahkan Barang Milk Negara Senilai Rp 222,58 Triliun, Cek Rinciannya

Kompas.com - 29/03/2022, 18:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahterimakan Barang Milik Negara (BMN) kepada Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah (Pemda) atau Yayasan, serta Perguruan Tinggi senilai Rp 222,58 triliun.

Jumlah ini terdiri dari BMN yang dihibahkan sebesar Rp 221,58 triliun dan BMN yang dialihstatuskan penggunaannya sebesar Rp 1 triliun.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan penyerahan infrastruktur yang telah dibangun.

"Ini (pembangunan infrastruktur) telah didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kita," terang Zainal dalam sambutannya pada acara tersebut di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

BMN yang diserahterimakan tersebut merupakan yang telah selesai dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sebesar Rp 220,65 triliun atau 99,13 persen.

Lalu, Ditjen Cipta Karya sebesar Rp 0,85 triliun atau 0,38 persen, dan Ditjen Perumahan sebesar Rp 1,08 triliun sebesar 0,49 persen.

Serah terima BMN yang dilakukan untuk kategori alih fungsi penggunaan diberikan kepada enam K/L.

Sedangkan kategori hibah diberikan kepada masing-masing tiga untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kota (Pemkot) dan Yayasan, 18 unit untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab), serta dua lainnya untuk Universitas.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku, Pemerintah Kota Bima Terima BMN SPAM

Jenis BMN yang diserahterimakan oleh Ditjen Bina Marga berupa jalan arteri nasional, tanah untuk jalan nasional, dan jembatan gantung. 

Penerima hibah sektor Bina Marga contohnya Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Sumatera Barat, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Humbang Hasundutan, Pemkab Karawan, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, Ditjen Cipta Karya menyerahterimakan BMN berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan SPAM Regional, Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah, Pengelolaan Limbah, Penanganan Kawasan Kumuh, serta Pembangunan dan Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Pendidikan, Sarana Olahraga, dan Pasar.

Para penerima hibahnya seperti Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Sumatera Barat, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab Indramayu, Pemkab Kepulauan Anambas, dan lain-lain.

Sedangkan untuk sektor perumahan telah dilakukan hibah BMN berupa rumah susun (rusun) dan rumah khusus (rusus) kepada Pemkab Prisengwu, Pemkab Tulang Bawang Barat, dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM), Pondok Pesantren Putra-Putri Al-Ittihad, Yayasan Samarthya Mahotsaha Paramadharma, dan Perkumpulan Pembina LPPT PGRI Madiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com