Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntas 2022, Bendungan Ciawi Diyakini Mampu Kendalikan Banjir Jakarta

Kompas.com - 29/03/2022, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, Bendungan Ciawi sebagai bendungan kering akan selesai dibangun pada tahun 202 ini.

Berbeda dengan infrastruktur sumber daya air (SDA) lainnya, Bendungan Ciawi akan digenangi air pada musim hujan. Hal yang sama juga berlaku pada Bendungan Sukamahi.

"Kedua bendungan ini bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, namun untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir," demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Senin (28/3/2022).

Konstruksi Bendungan Ciawi mulai dilaksanakan secara bertahap sejak Desember 2016 dengan progres fisik selesai 100 persen pada 2021.

Baca juga: Meski Terkendala Pembebasan Lahan dan Hujan, Bendungan Ciawi Tuntas Juli

Bendungan itu memiliki volume tampung 6,05 juta meter kubik dan luas genangan 39,40 hektar serra biaya pembangunan sebesar Rp 798,7 miliar.

Pada tahun lalu, dilakukan pekerjaan lanjutan dengan nilai kontrak Rp 239,8 miliar untuk menyelesaikan proses akhir pada bangunan bendungan dan fasilitas umumnya.

Saat ini, tengah dilakukan pekerjaan lanjutan II berupa timbunan dengan progres per 16 Februari 2022 mencapai 80,2 persen. Ditargetkan seluruh pekerjaan konstruksi selesai tahun 2022.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait demi mempercepat pembebasan lahan. Sehingga, penyelesaian Bendungan Ciawi selesai sesuai target.

Berdasarkan data progres pengadaan lahan sudah mencapai 98,83 persen dengan target penyelesaian Uang Ganti Rugi (UGR) pada April 2022.

Adapun Bendungan Ciawi didesain untuk mengurangi debit banjir yang ingin masuk ke Provinsi DKI Jakarta.

Caranya, dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa, kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung.

Rampungnya pembangunan Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik per detik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com