Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Megakompleks Plaza Indonesia dan Indonesia 1 Resmi Terkoneksi

Kompas.com - Diperbarui 28/03/2022, 22:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pengembangan besar yang menempati area premium di jantung Kota Jakarta, Jl MH Thamrin, Indonesia 1 dan Plaza Indonesia resmi terkoneksi. 

Hal ini menyusul penandatanganan MoU “The Cooperation for Future Connecting Property Areas” antara Media Group melalui PT Surya Indonesia Satu Properti (SISP), Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP), dan PT Plaza Nusantara Realti (PNR), Senin (28/3/2022).

MoU ini ditandatangani oleh CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib, Presiden Direktur HHP Morotomi Ryuichi, CEO & Presiden Direktur PNR Mia B Egron, disaksikan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Presiden Direktur PT Plaza Indonesia Realty Tbk Rosano Barack.

SISP merupakan pengembang Indonesia 1. Letak gedung ini berdekatan dengan kompleks Plaza Indonesia milik PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PIR) dan dioperasikan oleh PNR.

Baca juga: Rosano Barack Lepas Kepemilikan Saham di Plaza Indonesia

Melalui kerja sama ini, HHP dan PNR akan memberikan dukungan dalam meningkatkan nilai Gedung Indonesia 1, termasuk koneksi ke kompleks Plaza Indonesia.

Presiden Direktur PT Plaza Indonesia Realty Tbk Rosano Barack mengatakan, kolaborasi ini akan menggabungkan kekuatan dan keahlian SISP, HHP, dan PNR selaku pengelola Plaza Indonesia DIRE.

“Dukungan HHP dan PNR untuk Indonesia 1 akan memperkuat sinergi antara Indonesia 1 dan Plaza Indonesia, serta meningkatkan nilai kawasan Bundaran HI," ujar Rosano.

Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020,  namun tidak berlaku untuk toko yang menjual kebutuhan pokok dengan jam operasional mulai pukul 11:00 - 17:00 WIB.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020, namun tidak berlaku untuk toko yang menjual kebutuhan pokok dengan jam operasional mulai pukul 11:00 - 17:00 WIB.
Sementara HHP adalah mitra penting dari Plaza Indonesia Group, dan melibatkan mereka akan membantu untuk lebih meningkatkan nilai properti Indonesia 1.

Kerja sama ini tak hanya menghubungkan antara gedung-gedung dalam kedua kompleks pengembangan tersebut melalui aksesibilitas secara fisik, tetapi juga integrasi manajemen properti.

CEO Media Group Muhammad Mirdal Akib menuturkan, kerja sama yang diwujudkan melalui koneksi langsung dan operasionalisasi bersama ini akan berkembang dan membuat Jakarta menjadi lebih maju sebagai pusat area ritel, perkantoran, dan residensial eksklusif. 

Baca juga: Resmi Caplok Saham China Sonangol, Media Group Pemilik Sepenuhnya Pencakar Langit Indonesia 1

Saat ini Indonesia 1 tengah dalam tahap konstruksi yang dijadwalkan tuntas pada akhir 2023.

"Indonesia 1 merupakan salah satu gedung tertinggi di Jakarta, yang seluruh fasilitasnya dirancang ramah lingkungan dengan pemanfaatkan energi terbarukan," kata Mirdal.

Dengan kerja sama ini, dia berharap akan memudahkan penyewa baik yang mengisi gedung ritel maupun perkantoran melihat visi dan misi dari Indonesia 1.

Selain itu, kolaborasi yang terjalin ini juga dapat meningkatkan nilai gedung, sehingga melebihi ekspektasi, dan menciptakan nilai optimum.

Hal senada dikatakan Presiden Direktur dan CEO PNR Mia B Egron. PNR akan memberikan dukungan penuh kepada Indonesia 1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com