Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda, Jembatan Penyeberangan Orang Terpanjang di Dunia?

Kompas.com - 26/03/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.comJembatan adalah fasilitas penghubung satu daerah dengan daerah lain. Pada umumnya jembatan dibangun di atas perairan ataupun jurang yang tidak memungkinkan pembangunan konstruksi jalan.

Namun, tahukah Anda jembatan pejalan kaki terpanjang di dunia ada di Portugal?

Negara asal pemenang MotoGP Miguel Oliveira ini memiliki jembatan gantung pejalan kaki bernama The 516 Arouca yang membentang sepanjang 516 meter di atas ketinggian 175 meter.

Melansir Deezen, Jumat (25/3/2022), jembatan menakjubkan ini memiliki dek yang didukung oleh kabel gantung dari menara ke menara.

Menara beton dalam bentuk A terbalik menandai titik pendaratan jembatan yang menopang dua kabel suspensi baja dan dikenal sebagai kabel tarik penopang jalan baja.

Sedangkan untuk jalannya, pengelola membangun area jalan di jembatan dari kumpulan 127 geladak berlapis logam yang saling terkait dan terhubung ke kabel suspensi di dua titik.

Baca juga: 5 Bangunan Bersejarah Portugal, Negara Asal Juara MotoGP Mandalika Miguel Oliveira

"Ini adalah yang terbesar di dunia, seperti yang selalu kami katakan, dengan panjang 516 meter, dan ketinggian dari permukaan air 175 meter, itu yang tertinggi dalam hal konstruksi dan dengan kapasitas lebih," kata seorang perwakilan dari otoritas lokal Portugis.

Adapun jembatan ini dibangun di atas sungai Paiva yang menghubungkan dua bukit dengan permukaan tebing granit.

Institut Penelitian dan Pengembangan Teknologi untuk Konstruksi, Energi, Lingkungan dan Keberlanjutan membangun jembatan ini pada tahun 2020 sebagai daya tarik wisata untuk daerah Arouca serta memberikan pemandangan ke Ngarai Pavia dan menuju Air Terjun Aguieiras di dekatnya.

"Sebuah karya teknik nasional yang luar biasa dan pasti akan menjadi salah satu struktur paling ikonik di kotamadya Arouca dan di negara ini dan itu pasti akan menjadi tengara modernitas," kata walikota Arouca Margarida Belém.

Dengan struktur yang diterapkan, The 516 Arouca menjadi jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Eropa, melampaui Jembatan Charles Kuonen sepanjang 494 meter di Swiss, yang selesai dibangun pada 2017.

Baca juga: Jamin Keamanan Pengendara, Utah Sediakan Jembatan Penyeberangan Hewan

Para pengembang percaya bahwa jembatan itu juga merupakan jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia, meskipun Jembatan Baglung Parbat sepanjang 567 meter di Nepal juga mengklaim gelar tersebut.

Namun, penyeberangan Nepal adalah jembatan gantung sederhana atau catenary, menampilkan dek yang mengikuti kurva seperti kabel gantung bebas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com