Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Ruas Tol Probolinggo-Besuki Telan Dana Rp 641 Miliar

Kompas.com - 25/03/2022, 20:44 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembebasan lahan di ruas tol Probolinggo-Besuki hingga kini telah menelan dana sebesar Rp 641 miliar. 

Total pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) ini menggunakan skema dana talangan PT JPB dan pembayaran langsung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Seperti diketahui, ruas tol Probolinggo-Besuki merupakan bagian dari Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dan dikelola oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB).

Sampai dengan pertengahan Maret 2022, proses pembebasan lahan di ruas tol ini baru mencapai mencapai 28,69 persen.

Baca juga: Jelang Lebaran 2022, Jalan Tol dan Jalan Nasional Siap Digunakan

Artinya bila target pembebasan lahan semakin banyak, makan dana yang dibutuhkan untuk membayar UGK juga akan bertambah. 

Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyanto menjelaskan bahwa pembebasan lahan untuk Segmen Probolinggo-Besuki telah sesuai dengan jadwal.

“Total tanah yang sudah dibebaskan untuk Segmen Probolinggo-Besuki sebesar 28,69 persen yang terdiri dari 1.247 bidang. Mayoritas merupakan lahan masyarakat di 20 desa, serta lahan fasilitas umum dan tanah khas desa,” ujar Adi dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Menurut Adi, segmen Probolinggo-Besuki memiliki panjang hingga 46 Km. Akan ada dua seksi dalam segmen ini yaitu seksi 1 Probolinggo-Paiton dan seksi 2.1 di Paiton-Besuki

Seksi 1 berada di Kabupaten Probolinggo dan memiliki panjang 29,6 Km. Sementara seksi 2.1 adalah Paiton-Besuki di Kabupaten Situbondo sepanjang 16,4 Km.

Baca juga: Efek Berganda Jalan Tol Trans-Sumatera Makin Terasa

Pembebasan lahan untuk masing-masing seksi yaitu Seksi 1 sebesar 35,29 persen dan Seksi 2.1 sebesar 18,47 persen.

“Bila pembebasan lahan sesuai dengan target, yaitu di akhir tahun ini, maka pengerjaan kontruksi untuk Segmen Probolinggo-Besuki juga dapat dimulai di saat yang sama dan kami optimis bisa selesai di akhir tahun 2024,” tegas Adi.

Segmen Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. 

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi memilii total panjang 171,516 Km dan akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans Jawa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com