Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengembalikan Wisata Gunung Mas Puncak, Rest Area Ditata

Kompas.com - 24/03/2022, 21:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai menata Rest Area Gunung Mas Puincak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Penataan rest area ini dimaksudkan untuk mengembangkan kembali Puncak sebagai kawasan wisata, khususnya Gunung Mas.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Oscar R H Siagian mengatakan hal ini dalam media gathering, Kamis (24/3/2022).

"Ini Puncak adalah kawasan wisata, jadi mengembangkan kembali kawasan wisata, khususnya agrowisata Gunung Mas," jelas Oscar.

Oscar melanjutkan, dengan penataan rest area ini juga bertujuan dalam memindahkan pedagang kaki lima (PKL) agar tidak membebani jalan di Puncak.

Penataan rest area ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Rest Area Gunung Mas dibangun di atas lahan seluas 7 hektar milik PT Perkebunan Nusantara VIII yang berada di kawasan Agrowisata Gunung Mas, Bogor.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Puncak Siap Tampung 516 PKL

Diketahui, konstruksi rest area telah dimulai September tahun 2020 dan selesai pada Desember tahun 2021.

Adapun fasilitas utama yang disediakan, antara lain masjid seluas 576 meter persegi dan plaza pandang seluas 572,27 meter persegi.

Disediakan pula meeting point untuk evakuasi pengunjung jika terjadi bencana, taman atau ruang terbuka hijau dan amphiteater.

Tidak hanya itu, pembangunan rest area juga mencakup kolam retensi seluas 2.041 meter persegi, Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) serta toilet modern.

Untuk rinciannya, terdapat 28 unit toilet untuk perempuan, 22 unit toilet untuk laki-laki, 19 unit urinoir, 26 unit wastafel untuk mendukung penyediaan air bersih dan sanitasi.

Total anggaran pembangunan Rest Area Gunung Mas Puncak ini adalah sebesar Rp 52,9 miliar dan merupakan bagian dari dukungan penataan kawasan Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com