Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Ketumpahan Kopi? Tenang, Berikut Cara Mudah Membersihkannya

Kompas.com - 24/03/2022, 17:12 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet yang terkena tumpahan kopi tentu akan memicu masalah bila tidak ditangani dengan tepat. Karena noda yang tertinggal pada karpet akan terlihat.

Apalagi jika tidak segera dibersihkan, noda kopi akan terlampau kuat menempel pada karpet dan sulit dibersihkan.

Kendati begitu, Anda tidak perlu lagi risau ataupun bingung. Ada cara mudah dengan bahan sederhana untuk membersihkan noda kopi pada karpet.

Baca juga: Bahan-bahan Alami Ini Mujarab Bikin Karpet Kotor Bersih Kembali

Melansir dari situs Family Handyman, Anda perlu menyiapkan sejumlah peralatan meliputi ember, sikat, spons, dan beberapa handuk putih.

Kemudian untuk bahan pembersihnya, cukup siapkan sabun cuci piring, air hangat, dan cuka putih atau air lemon.

Setelah mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Serap Sisa Air Kopi

Langkah pertama menghilangkan noda kopi adalah dengan menekan handuk putih ke karpet untuk menyerap kopi yang tumpah. Ulangi beberapa kali sampai sebanyak mungkin.

Namun yang patut Anda ingat jangan sampai menggosok bagian karpet yang bernoda. Karena gerakan ini dapat menyebabkan noda semakin menyebar.

Membersihkan tumpahan sesegera mungkin merupakan langkah krusial. Sebab, noda kopi yang sudah kering lebih sulit dihilangkan.

Campurkan Bahan Pembersih

Campurkan satu sendok makan sabun cuci piring, satu sendok makan cuka putih atau air lemon, dan dua cangkir air hangat dalam ember.

Menggabungkan bahan tersebut sangat mudah. Namun jangan pernah Anda menggunakan air panas, karena bisa membuat noda kopi semakin menempel pada serat karpet.

Bersihkan Noda

Celupkan handuk atau spons putih bersih ke dalam cairan pembersih dan lakukan pengujian area yang tidak begitu mencolok nodanya. Untuk memastikan tidak merusak karpet.

Setelah Anda yakin dengan ketahanan warna karpet, oleskan cairan pembersih ke area yang bernoda. Basahi area tersebut dan pastikan karpet tidak jenuh.

Hapus Sisa Noda dan Pembersih

Langkah membersihkan noda kopi pada karpet yang selanjutnya yakni menggunakan handuk putih yang bersih. Lalu tekan karpet untuk menyerap noda kopi dan cairan pembersih.

Baca juga: Orangtua, Ketahui Empat Pilihan Karpet Ramah Anak

Setiap kali menyeka, selalu gunakan bagian handuk yang bersih. Lakukan hal yang sama terus menerus sampai semua noda dan kelembapan hilang dari karpet. 

Namun apabila noda masih tetap ada, gunakan lebih banyak larutan pembersih dan gosok perlahan dengan sikat gosok, lalu bersihkan.

Bilas Karpet

Bilas area yang sudah dibersihkan dengan air bersih. Anda bisa mencelupkan handuk bersih ke dalam air dan mengoleskannya ke karpet atau menyemprotnya dengan menggunakan botol semprot berisi air.

Keringkan Karpet

Gosok seluruh area karpet dengan handuk kering yang bersih untuk menghilangkan air sebanyak mungkin. Ulangi sampai sangat sedikit kelembapan yang tersisa. Kemudian biarkan karpet mengering secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com