Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Furnitur Berwarna Hitam Agar Tak Mudah Rusak

Kompas.com - 15/03/2022, 21:20 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan furnitur hitam tanpa merusak material atau menyebabkan warna hitamnya pudar bukanlah tugas yang mudah.

Jenis produk pembersih yang digunajan untuk membersihkan kompor atau toilet bersifat universal. Namun hal itu sangat berbeda ketika Anda ingin membersihkan furnitur berwarna hitam.

Seperti halnya membersihkan permadani dan karpet, jenis kain atau kulit dari furnitur akan menentukan produk pembersih mana yang harus Anda gunakan.

Dilansir dari situs Moxie Maids, untuk membersihkan furnitur yang dilapisi kain, Anda bisa mencampurkan 1 liter air dengan1 sendok makan cuka.

Kemudian celupkan kain ke dalam larutan tersebut dan peras sampai kering. Usap perlahan furnitur dengan kain lembab dan segera keringkan dengan lap dari kain katun.

Baca juga: Cara Menata Furnitur Berwarna Hitam Agar Ruangan Terlihat Mewah

Sementara untuk furnitur yang terbuat dari bahan kulit, gunakan tisu khusus atau cairan pembersih khusus bahan kulit untuk mengelapnya.

Jika furnitur kulit hitam Anda memiliki lapisan mengkilap, pilihan terbaik adalah membeli lap perawatan kulit khusus yang kerap digunakan untuk menyeka kulit.

Sedangkan bagi furnitur dengan bahan suade, sangat disarankan untuk membersihkan kotoran menggunakan sikat gigi berbulu halus.

Untuk furnitur berbahan kayu atau besi, sebaiknya lakukan pembersihan debu menggunakan kemoceng atau kain lap kering. Hindari penggunaan lap basah karena justru akan membuat material kayu dan besi cepat rusak.

Menjaga furnitur hitam agar tidak berdebu
Mencegah debu dan kotoran masuk ke rumah selalu lebih baik daripada membersihkan furnitur setelah kotoran menumpuk.

Dengan mengambil sikap yang lebih proaktif, Anda akan dapat mengurangi jumlah pembersihan furnitur yang harus Anda lakukan di masa mendatang.

Anda dapat meminimalkan jumlah debu di rumah Anda dengan mencuci semua kain yang bisa dicuci, termasuk seprai dan gorden.

Baca juga: Jangan Gelap Mata, Ini Tips Jitu Memilih Furnitur untuk Rumah Anda

Kemudian membersihkan alas tiang, langit-langit, dan dinding serta meletakan keset untuk menjauhkan rumah Anda dari kotoran di luar rumah.

Bersihkan furnitur berwarna hitam sekali atau dua kali seminggu. Bila perlu manfaatkan penyedot debu dengan pembersihan yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com