Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu Dekat, Tarif Tol Danowudu-Bitung Segera Berlaku

Kompas.com - 10/03/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Jalan Tol Manado-Bitung segmen Danowudu-Bitung akan diberlakukan tarif.

Informasi ini disampaikan oleh akun Instagram resmi PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) @jmmanadobitung

"Hai Sobat JMB, ada kabar baik untuk sobat JMB pengguna Jalan Tol Manado-Bitung khususnya Segmen Danowudu-Bitung, karena dalam waktu dekat ini akan diberlakukan Tarif Segmen Danowudu-Bitung, dengan besaran tarif yang sudah tertera," tulis pengelola akun.

Tarif Tol Manado-Bitung Segmen Danowudu-Bitung diberlakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 168/KPTS/M/2022.

Baca juga: Mulai Sabtu Ini, Ruas Tol Danowudu-Bitung Beroperasi Gratis

JMB selaku pengelola Tol Manado-Bitung mengingatkan agar para pengguna jalan tol menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup.

"Untuk satu kendaraan cukup satu kartu, jangan lupa juga untuk menggunakan kartu yang sama saat masuk dan keluar Jalan Tol Manado-Bitung," tambah akun @jmmanadobitung

Adapun sejak Sabtu (26/2/2022), segmen tersebut telah dioperasikan tanpa tarif pukul 14.00 WITA usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehari sebelumnya atau Jumat (25/2/2022).

Pengoperasian ruas tol tanpa tarif ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi JMB kepada masyarakat sampai ditetapkannya Kepmen PUPR mengenai besaran tarif tol ruas Danowudu-Bitung.

JMB berharap, keberadaan Tol Manado-Bitung yang telah beroperasi penuh ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan tetap mematuhi peraturan lalu berkendara.

Jika resmi diberlakukan, berikut ini rincian tarif Tol Manado-Bitung Segmen Danowudu-Bitung:

  • Golongan I: Rp 15.000
  • Golongan II: Rp 22.500
  • Golongan III: Rp 22.500
  • Golongan IV: Rp 30.000
  • Golongan V: Rp 30.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com