Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Ditimpa Meteor, Rumah Anjing Ini Terjual Seharga Rp 630 Juta

Kompas.com - 10/03/2022, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rumah anjing di Kosta Rika akhirnya terjual melalui sistem lelang dengan harga 44.100 Dolar AS atau setara dengan Rp 630,9 juta.

Rumah anjing ini bisa terjual dengan harga yang fantastis karena memiliki keistimewaan yakni terkena hantaman meteor.

Rumah anjing yang dilelang itu adalah milik seekor anjing German Shepherd bernama Rocky, yang tinggal di sebuah desa di Kosta Rika.

Tepat pada tanggal 23 April 2019 sekitar pukul 21.07 watu setempat, sebuah meteor pun menghantam tempat hunian anjing tersebut.

Baca juga: Rumah Anjing Paris Hilton Seluas Apartemen Studio

Saat itu, Rocky, sedang tertidur lelap dan meteorit seberat 283 gram menghantam atap rumah anjing dan meninggalkan lubang sebesar kurang lebih 17 cm serta enghancurkan lantai kayu rumah anjing yang lapuk.

Sang anjing sendiri masih dalam keadaan sehat dan hanya merasa ketakutan saat peristiwa jatuhnya meteor itu terjadi.

Setelah kejadian itu, beberapa pemburu meteor bertemu dengan pemilik Rocky, pasangan suami dan istri Luis Gamboa dan Esmeralda Alvarado, kemudian membeli rumah anjing dan meteor tersebut.

Proses penjualan pun dilakukan melalui lelang di bali lelang Christie di Inggris, bekas kediaman Rocky dan meteor yang menabraknya dijual dengan harga 65.520 Dolar AS atau setara dengan Rp 937,2 juta.

Rumah anjing itu sendiri terjual dengan harga 44.100 Dolar AS (Rp 630,9 juta). Ini jauh di bawah perkiraan karena sebelumnya harga jualnya ditaksir bisa mencapai 300.000 Dolar AS (Rp 4,2 miliar).

Sementara meteor yang jatuh menimpa rumah Rocky terjual dengan harga 21.420 Dolar AS (Rp 306 juta). Meteor ini bernama meteor Aguas Zarcas yang merupakan jenis chondrite berkarbon atau CM2.

CM2 adalah beberapa objek tertua yang mengambang di tata surya kita, berusia 4,7 miliar tahun atau lebih tua dari seluruh tata surya kita.

Benda-benda yang terkena meteor sebelumnya kerap dilelang dengan harga yang sangat mahal.

Pada tahun 2007, kotak surat baja yang dihantam meteor di Georgia pada tahun 1984, terjual dalam lelang seharga 83.000 Dolar AS (Rp 1,1 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com