Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNESCO Serukan Perlindungan Warisan Dunia di Ukraina

Kompas.com - 04/03/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-invasi Rusia ke Ukraina, badan khusus PBB, UNESCO menyerukan agar warisan dunia dan budaya Ukraina wajib dilindungi.

Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay mengatakan, terdapat warisan budaya Ukraina termasuk tujuh situs warisan dunia terutama yang terletak di Lviv dan Kyiv.

Kemudian ada juga di kota Odessa dan Kharkiv, arsip nasional negara di mana beberapa di antaranya masuk dalam Daftar Memori Dunia UNserta situs-situs yang dibangun untuk memperingati tragedi Holocaust.

“Kita harus menjaga warisan budaya ini, sebagai kesaksian masa lalu tetapi juga sebagai vektor perdamaian untuk masa depan,”ujar Audrey seperti dikutip dari Irish Legal News.

Baca juga: Cara Ukraina Butakan Navigasi Pasukan Rusia, Hapus Rambu Penunjuk Arah

Menurutnya, sudah merupakan kewajiban masyarakat internasional untuk melindungi dan melestarikannya untuk generasi mendatang.

“Untuk melindungi masa depan, institusi pendidikan harus dianggap sebagai tempat perlindungan," tambahnya.

Di bidang kebudayaan, UNESCO menggarisbawahi kewajiban hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Den Haag 1954 untuk Perlindungan Kekayaan Budaya dalam Peristiwa Konflik Bersenjata.

Unesco mengutuk semua serangan dan perusakan warisan budaya dalam segala bentuknya di Ukraina termasuk serangan yang mempengaruhi memorial Babyn Yar Holocaust.

Babyn Yar merupakan tempat penembakan massal terbesar terhadap orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II.

Baca juga: Bangunan Bersejarah Ukraina, Beragam Langgam dari Romawi hingga Postmodernisme

Atas permintaan sekelompok negara anggota, dewan eksekutif UNESCO akan mengadakan sesi khusus pada 15 Maret mendatang.

Pertemuan akan dilakukan ntuk memeriksa dampak dan konsekuensi dari situasi saat ini di Ukraina.

Sebelumnya Majelis Umum PBB juga menyatakan keprihatinan serius atas laporan serangan terhadap fasilitas sipil termasuk sekolah.

Unesco juga mengutuk keras serangan terhadap fasilitas pendidikan, termasuk serangan kemarin di Universitas Nasional Karazin Kharkiv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com