Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Begini Kalender Tahapan Pembangunan IKN

Kompas.com - 01/03/2022, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN), Pemerintah memberikan gambaran tahapan pemindahan IKN.

Sejatinya, ada lima tahapan pembangunan yang dirancang Pemerintah, dimulai dari Tahun 2022 hingga 2045 atau tepatnya 100 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Tahap pertama atau 2022-2024, pembangunan IKN dibagi dalam tiga alur kerja besar yaitu pembangunan perkotaan, infrastruktur, serta ekonomi.

Tahap kedua 2024-2029, proyek infrastruktur tahap pertama ditargetkan telah siap dihubungkan dengan kawasan baru.

Ini menjadi artikel terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Bagaimana dengan tiga tahap selanjutnya? Informasinya bisa Anda ketahui di sini Dipercepat, Ini Kalender Tahapan Pembangunan IKN Nusantara

Viral sebuah utas di media sosial Twitter yang menyebutkan bahwa memaksakan diri untuk memiliki rumah merupakan konsep yang tidak sehat.

Cuitan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @HELLOHONEBI pada 23 Februari 2022 silam pukul 10.06 WIB.

"maksain diri buat beli rumah hanya demi 'punya rumah' kayaknya bukan konsep yg sehat. apalagi di sini harga rumah kecil2 udh melembung parah. ga seharusnya orang banting tulang sebegitunya demi punya rumah yg layak :|" cuit @HELLOHONEBI

Asal tahu saja, rumah ukuran 45 meter persegi di Cileungsi sudah mencapai Rp 800 jutaan, sedangkan di Depok Rp 1 miliaran.

Pengamat Properti sekaligus Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit merespons, hal ini disebabkan ketidakmampuan Pemerintah mengintervensi pasar.

Apa maksudnya? Penjelasannya bisa Anda dpaatkan di sini Harga Rumah Terus Melambung, Apa Biang Keladinya?

Anda mungkin sudah terbiasa dengan tampilan jalan tol yang panjang, lurus, dan datar.

Tetapi, bagaimana dengan tol yang memiliki terowongan sepanjang ratusan meter. Hal ini jelas menjadi pemandangan yang tak biasa, sekaligus unik.

Sebut saja Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menjadi tol pertama di Indonesia dengan dua terowongan. 

Lalu, di mana letak terowongan di tol ini? Jawabannya ada di sini Cisumdawu, Tol Pertama di Indonesia yang Punya Terowongan Kembar

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com