Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Presiden Jokowi Resmikan Ruas Terakhir Tol Pertama di Sulawesi Utara

Kompas.com - 23/02/2022, 22:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danawudu-Bitung yang membentang 13,65 kilometer akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (25/2/2022) sore.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan hal itu kepada Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

"Rencananya akan diresmikan pada Jumat sore," kata Danang.

Hal senada dikatakan Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk Mohamad Agus Setiawan.

Menurut Agus, jalan bebas hambatan berbayar pertama di Provinsi Sulawesi Utara ini akan diresmikan Jokowi, tepat pukul 15.00 WITA.

Baca juga: Mengenal Cantas, Aplikasi Transaksi Tol Non-tunai MLFF yang Diterapkan Desember

Dengan beroperasinya seksi terakhir dari jalan tol sepanjang 39,9 kilometer ini, maka Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya.

"Sepekan setelah diresmikan, ruas ini akan beroperasi dengan tarif," ujar Agus.

Seksi pamungkas ini sekaligus melengkapi dua seksi sebelumnya sepanjang 26,35 kilometer yang sudah lebih dahulu dioperasikan pada tahun 2020 lalu.

Seksi 2B Danowudu-Bitung telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal Januari 2022, menyusul Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang diberikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR.

Ketersambungan secara penuh Tol Manado-Bitung ini diharapkan mampu memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas dengan mengacu pada tingkat kelayakan sesuai business plan (rencana bisnis) pada Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Jalan Tol Manado-Bitung juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung.

Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja. Sehingga, dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang.

Tol Manado-Bitung dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Terdiri dari dua seksi.

Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung 25 kilometer yang dibangun JMB.

Menurut Agus, kinerja Seksi 1 Manado-Airmadidi menunjukkan tren positif. Pada Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 lalu, dilintasi 9.600 kendaraan per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com