Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tanah Bekas Tambang Desa Wadas Bakal Direklamasi Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 21/02/2022, 09:26 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lokasi bekas penambangan batuan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan direklamasi atau ditutup kembali menjadi obyek wisata.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jateng Dwi Purnama dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/2/2022).

"Pemerintah berkomitmen setelah tanah selesai diambil manfaat tambangnya akan direklamasi atau ditutup kembali," terang Dwi.

Asal tahu saja, Wadas ditetapkan sebagai lokasi pengadaan material untuk mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah.

Artikel ini menjadi terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Sudah sejauh mana progresnya saat ini? Selanjutnya baca di sini Tanah Bekas Tambang di Desa Wadas Akan Direklamasi Jadi Obyek Wisata

Bukanlah perkara mudah, setiap orang harus mengetahui betul apa saja yang perlu diperiksa saat membeli rumah. 

Bisa jadi, di balik itu semua ada masalah besar seperti kerusakan yang membuat beban biaya renovasinya menjadi sangat mahal.

Oleh karena itu, ketahui enam kesalahan yang jangan sampai terjadi pada diri Anda ketika membeli rumah berikut ini:

Jangan Buat 6 Kesalahan Saat Membeli Rumah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka suara terkait alasan dipilihnya Wadas sebagai lokasi penambangan batuan andesit untuk proyek Bendungan Bener.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menuturkan, ditetapkannya desa tersebut karena sudah melalui berbagai pertimbangan dan perhitungan.

Sebab, Bener merupakan bendungan yang ukurannya jauh lebih besar dari lainnya sehingga membutuhkan material yang sangat banyak.

Lantas, berapa tinggi Bendungan Bener? Selengkapnta baca di sini Kementerian PUPR Ungkap Alasan Wadas Jadi Lokasi Penambangan Batuan Andesit Bendungan Bener

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com