Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek, Rusun Mahasiswa Al Azhar yang Dijadikan Penginapan Bagi Penonton MotoGP

Kompas.com - 13/02/2022, 16:13 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan penginapan tambahan bagi pengunjung pergelaran akbar MotoGP, Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret 2022 mendatang.

Penginapan tambahan ini berupa rumah susun (rusun). Salah satu rusun yang akan dimanfaatkan sebagai fasilitas akomodasi tambahan dimaksud adalah rusun Mahasiswa Universitas Islam Al Azhar Mataram.

Rusun ini telah resmi diserahkan pengelolaannya kepada Kampus Universitas Islam Al Azhar Mataram.

Selain dijadikan sebagai penginapan tambahan, adanya rusun yang dikelola secara baik ini dapat membuat pemanfaatannya lebih maksimal sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di NTB.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika Susah Dapat Hotel? Manfaatkan Rusun Mahasiswa

“Kami melakukan serah terima pengelolaan agar Rusun ini bisa segera dihuni mahasiswa dan dimanfaatkan dengan baik oleh pihak kampus,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangannya, Minggu (13/02/2022).

Kementerian PUPR terus berupaya untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia manusia untuk Indonesia maju melalui pembangunan rusun untuk mahasiswa.

Rusun Mahasiswa Universitas Al-Azhar NTBKementerian PUPR Rusun Mahasiswa Universitas Al-Azhar NTB
Pembangunan rusun juga menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yakni program sejuta rumah.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I Rini Dyah Mawarty menerangkan rusun mahasiswa Univesitas Islam Al Azhar dibangun pada tahun anggaran 2021 dengan total anggaran senilai Rp 14,8 Miliar.

Dia menjelaskan rusun tersebut dibangun dengan tipe 24 Pendek setinggi tiga lantai serta jumlah hunian yang sebanyak 43 unit.

Seluruh unit hunian telah dilengkapi dengan fasilitas meubelair seperti tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian.

Rusun untuk mahasiswa Univesitas Islam Al Azhar Mataram dibangun dengan anggaran senilai Rp 14,8 miliar dan kapasitas 166 mahasiswa.

Rusun ini dibangun oleh penyedia jasa konstruksi PT Cipta Adhi Guna dan diawasi oleh MK PT. Tujuh Jaya Konsultan.

Setelah resmi diserahterimakan, rusun ini juga terbuka untuk dimanfaatkan sebagai salah satu sarana akomodasi tambahan untuk penginapan pengunjung atau tamu yang akan hadir menyaksikan pergelaran MotoGP Mandalika di NTB pada Maret 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com