Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borneo Bay City Disebut Bakal Jadi Kantor Sementara Bappenas, Ini Tanggapan APLN

Kompas.com - 12/02/2022, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berembus kabar bahwa terdapat sejumlah kementerian yang bakal berpindah kantor sementara ke Borneo Bay City, di Kota Balikapapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satu kementerian yang disebut yakni Kementerian PPN/Bappenas. Alasan pemindahan ini seiring pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Lantas, benarkah Bappenas ataupun Kementerian/Lembaga lain bakal berpindah kantor untuk sementara di Borneo Bay City?

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) selaku pengembang Borneo Bay City memastikan belum mendapat informasi terkait rencana pemindahan kantor Bappenas ataupun Kementerian/Lembaga lain.

Baca juga: Podomoro Tenjo Sumbang Marketing Sales Terbanyak buat APLN

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan konfirmasi terkait rencana Bappenas dan juga Kementrian lain untuk berkantor di Borneo Bay City dalam rangka perpindahan IKN," ujar Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Tbk F Justini Omas kepada Kompas.com, Jumat (11/02/2022).

Namun, menurut Justini, sebagai perusahaan properti nasional, APLN bersedia membantu dan bekerja sama dengan pemerintah dalam membangun IKN di Kaltim.

Sejak 2012 lalu, Agung Podomoro Group sudah mengembangkan proyek-proyek properti di Kaltim.

Sebut saja, Balikpapan dengan Borneo Bay City (APLN) dan juga di Samarinda melalui Bukit Mediterania Samarinda (APG).

"Seperti halnya proyek APLN di berbagai kota lainnya di Indonesia, proyek-proyek kami di Kalimantan Timur ini merupakan bagian dari upaya APLN untuk ikut membangun negeri melalui sektor properti," pungkasnya.

Berembusnya kabar ditunjuknya Borneo Bay City oleh Bappenas sebagai kantor sementara, bermula dari pernyataan General Manager (GM) Plaza Balikpapan Aries Adriyanto, sebagaimana dikutip dari TribunKaltim.co.

Untuk diketahui, Plaza Balikpapan merupakan bagian dari Borneo Bay City yang dikembangkan APLN.

Aries mengeklaim, Bappenas akan mulai berkantor terlebih dahulu di Balikpapan seiring pembangunan IKN Nusantara.

Beberapa properti di Borneo Bay City sudah disiapkan sebagai lokasi perkantoran sementara. Di antaranya functiom room, apartement, dan office tower.

"Awal Februari ini sudah kami siapkan yang terus on progress sudah mencapai sekitar 60 persen," ujar Aries Adriyanto kepada TribunKaltim.co, Selasa (8/2/2022).

Persiapan tersebut dilakukan hingga empat bulan ke depan. Artinya pada pertengahan tahun 2022, Bappenas akan mulai berkantor di Balikpapan.

Selain Bappenas, akan ada juga Kementerian PUPR dan sejumlah vendor penggarap proyek IKN  yang juga akan menyusul untuk berkantor di Borneo Bay City.

 

(TribunKaltim.co/Miftah Aulia Anggraini) (Editor: Budi Susilo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com