Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bata Merah dan Batako, Ini Jenis Bata Lain untuk Bahan Bangunan

Kompas.com - 11/02/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terdapat banyak pilihan batu bata sebagai material dalam membuat sebuah bangunan. Dua batu bata yang paling banyak digunakan adalah bata merah dan batako.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (14/12/2021), bata merah adalah material bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Jenis batu bata ini dikenal tahan lama, kokoh dan harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan jenis lain. Bata merah juga banyak digemari karena efek sejuk yang diberikan pada hunian.

Sedangkan batako adalah batu bata yang terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang kemudian dicetak.

Batako memiliki sifat yang kedap air dan bagus digunakan untuk menghindari rembesan air hujan.

Tetapi jika dibandingkan dengan bata merah, batako lebih bersifat menyimpan panas sehingga membuat suhu hunian terasa lebih panas.

Baca juga: Kenapa Batu Bata Harus Direndam Sebelum Digunakan?

Selain kedua bata merah dan batako, terdapat jenis batu bata lain yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai material konstruksi bangunan.

Adalah bata hebel yang dibuat dalam proses kimiawi dan tersusun atas semen, pasir silika, gypsum, kapur dan pasta aluminium.

Bata hebel memiliki berat yang ringan dengan sifat daya serap air yang rendah sehingga mampu memperkecil beban struktural bangunan.

Selain bata hebel, terdapat juga jenis batu bata lain yaitu bata berlubang. Bata berlubang cukup populer di Indonesia karena proses pembuatannya yang relatif cepat.

Biasanya, bata berlubang digunakan untuk bangunan dengan struktur ringan dan struktur berbingkai pada bangunan-bangunan bertingkat.

Baca juga: Mengapa Batu Bata Disusun Selang-seling? Ternyata Ini Alasannya

Sama seperti bata merah, bata berlubang harus direndam selama 24 jam terlebih dahulu sebelum digunakan.

Lebih lanjut, ada jenis batu bata purpose-made yang dibuat untuk kebutuhan konstruksi khusus. Adapun salah satu keunggulannya adalah untuk mempermudah proses pemasangan kusen pintu dan jendela.

Sesuai dengan namanya, bata purpose-made hanya dibuat sesuai dengan pesanan dengan harga jual yang relatif mahal sehingga tidak mudah dijumpai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com