Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Kata Desainer Interior, Sambut Imlek dengan Cara Ini

Kompas.com - 29/01/2022, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comTahun baru China atau Imlek 2022 jatuh pada hari Selasa (1/2/2022). Banyak fasilitas publik hingga pemilik rumah yang telah menyambut Imlek dengan dekorasi interior menarik.

Dekorasi Imlek biasanya terlihat mencolok dengan warna merah, kuning dan emas yang meriah.

Warna merah diketahui sebagai warna terpopuler di China yang menggambarkan kebahagiaan, kecantikan, daya hidup, keburuntungan kesuksesan dan nasib yang baik, dilansir dari China Highlights, Jumat (28/1/2022).

Sementara menurut Buddhisme, warna kuning dikaitkan dengan kebebasan dari kebutuhan material yang tentunya mengarah kepada kehidupan yang lebih bahagia.

Itulah mengapa warna-warna tersebut banyak digunakan untuk dekorasi Imlek.

Baca juga: Sebentar Lagi Imlek, Yuk Dekorasi Rumah Lebih Meriah

Sedangkan warna emas diartikan sebagai simbol kekayaan dan kebangsawanan. Inilah mengapa kombinasi merah dan emas sering digunakan di acara-acara khusus lain selain Imlek dan menjadi perpaduan warna yang bagus untuk kemasan produk.

Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap melakukan dekorasi menyambut Imlek tanpa harus menghias rumah dengan konsep khusus Imlek seperti biasanya.

Hal itu juga berfungsi untuk meminimalisir sampah dekorasi musiman yang singkat dan cepat berganti.

Penata interior sekaligus pendiri Egg3 Mike Tan, memberikan tips simpel dengan membuat perubahan kecil berdampak besar.

Ini bisa dilakukan dengan meletakkan buket bunga meriah khas Imlek di sudut rumah. Buket bunga ini juga bisa dihiasi dengan pernak-pernik kecil untuk menghidupkan ruangan, dilansir dari Womens Weekly.

Selain di sudut, pemilik rumah bisa meletakkan bunga merah di meja makan untuk menciptakan elemen dekoratif utama dan menarik perhatian.

Lebih lanjut, sentuhan dekorasi Imlek di kamar tidur juga cocok dipertimbangkan untuk menjaga rumah tetap terpelihara dengan baik sepanjang tahun sekaligus membuatnya menarik dan lebih nyaman.

“Selalu pastikan dekorasi pesta Anda cocok dengan tampilan rumah Anda. Jika ragu, selalu berpikir less is more,” jelas Mike.

Yang perlu diingat adalah, jangan biarkan dekorasi perayaan tertentu melebihi tampilan dekorasi utama rumah.

Dekorasi interior rumah harus tetap menjadi titik fokus dalam dekorasi ulang menyambut perayaan apapun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com