Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tidak Lekas Lapuk, Bersihkan Lantai Kayu dengan Cara Ini

Kompas.com - 21/01/2022, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk memberikan nuansa vintage atau kehangatan di rumah, lantai kayu bisa menjadi pilihan desain interior. Lantai jenis ini menawarkan penampilan permukaan cokelat berkilau yang indah.

Sama halnya dengan lantai dari material lain, lantai kayu juga memerlukan perawatan dan cara pembersihan yang tepat agar lebih tahan lama.

Dilansir dari Architectural Digest, Kamis (20/1/2022), beberapa ahli memberikan tips terkait hal ini agar lantai kayu di rumah Anda tetap terlihat seperti baru. Simak langkah-langkahnya berikut:

Vakum lantai secara rutin

Membersihkan lantai kayu dari puing-puing kotoran, seperti pasir dan elemen lainnya adalah kunci untuk menghindari goresan pada lantai kayu.

Baca juga: Rawat Lantai Vinyl Agar Tetap Awet dengan Trik Ini

“Jika ada puing-puing di lantai kayu, dan Anda berjalan menyeberang, itu seperti amplas di bagian bawah sepatu Anda. Itu bisa merusak atau menggores permukaan itu,” jelas wakil presiden standar teknis, pelatihan dan sertifikasi di National Wood Flooring Association Brett Miller.

Oleh karena itu, cobalah untuk menyapu lantai setiap hari dan dilanjutkan dengan mengelapnya menggunakan pel kering atau pel debu.

Bahkan akan lebih baik jika Anda menggunakan pel atau kain microfiber.

Namun, untuk membantu mengangkat partikel halus yang mungkin terlewatkan, Anda bisa menggunakan alat penyedot debu.

Ini membantu untuk menarik debu dan kotoran dari celah papan lantai kayu.

Identifikasi produk pembersih lantai yang tepat

Untuk hal ini, para ahli menyarankan agar mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh produsen lantai kayu Anda.

Ini dikarenakan segala jenis pembersih berbahan kumia tetap akan memberikan efek buruk di kemudian hari pada lantai kayu.

“Saya tidak merekomendasikan segala jenis bahan kimia keras untuk membersihkan lantai kayu keras apa pun,” jelas pemilik Olde Wood Tommy Sancic.

Lebih lanjut, Miller mengatakan bahwa produk pembersih yang memberikan penawaran solusi pembersihan menarik sebenarnya tidak membantu lantai kayu untuk benar-benar bersih dan terawat.

Karena itu, meskipun masih menjadi perdebatan, campuran air dan cuka putih disebut bisa menjadi pembersih alami bagi lantai kayu.

Jaga agar lantai kayu cukup kering

Kayu adalah bahan alami yang bisa membengkak jika mengandung banyak air. Oleh karena itu, Miller merekomendasikan untuk menggunakan pel microfiber pada lantai kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com