Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sama, Carport dan Garasi Punya Perbedaan, Apa Saja?

Kompas.com - 20/01/2022, 19:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak orang yang mengasumsikan carport dan garasi adalah hal yang sama. Ini dikarenakan keduanya mampu memberikan perlindungan panas maupun hujan terhadap kendaraan.

Terlebih, carport dan garasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rumah, seperti dilansir dari situs resmi spesialis desain bangunan Rainbow Garages, Kamis (20/1/2022).

Akan tetapi, kedua komponen rumah tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari sisi struktur bangunan hingga pengaruhnya kepada nilai properti rumah.

Baca juga: Bagaimana Memilih Pintu Garasi yang Sesuai dengan Rumah? Ini Caranya

Penjelasan terkait perbedaan carport dan garasi adalah sebagai berikut:

Garasi

Ilustrasi garasi. UNSPLASH/ERIK MCLEAN Ilustrasi garasi.
Garasi adalah struktur bangunan yang sepenuhnya tertutup dan mencakup pintu atau penutup besar serta memberikan akses untuk menyimpan kendaraan.

Karena bentuknya yang sepenuhnya tertutup, garasi mampu mencegah segala sesuatu yang mungkin dilemparkan atau terlempar oleh lingkungan sekitar ke mobil dan kendaraan Anda lainnya.

Sehingga bisa dikatakan bahwa garasi menawarkan perlindungan hingga 100 persen terhadap semua elemen kendaraan atau barang yang disimpan.

Selain itu, garasi juga memberikan banyak ruang penyimpanan untuk berbagai macam barang berharga serta jauh lebih baik untuk mencegah terjadinya pencurian.

Terlebih, garasi mampu meningkatkan nilai properti dan dapat diubah menjadi ruangan lain kapan saja jika diperlukan.

Akan tetapi, biaya untuk membuat sebuah garasi tentu lebih mahal dibandingkan dengan carport.

Tidak hanya itu, garasi juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dibangun dan harus melibatkan tenaga ahli.

Oleh karena itu, penting untuk berpikir lebih matang sebelum memilih membangun sebuah garasi atau hanya cukup dengan carport saja.

Carport

Ilustrasi carportDavid Schultz/UNSPLASH Ilustrasi carport
Sedangkan carport adalah tempat untuk menyimpan kendaraan yang dilengkapi dengan atap, tetapi masih memiliki setidaknya dua sisi yang terbuka.

Harga carport cenderung cukup murah karena Anda dapat membuatnya sendiri dari berbagai macam bahan bangunan yang berbeda.

Komponen rumah yang satu ini juga sangat cepat untuk dipasang dan bisa menjadi pilihan jika pemilik rumah tidak berencana untuk menempati properti itu dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun tetap mampu melindungi kendaraan dari guyuran hujan dan terik matahari yang bisa merusak kendaraan, tetapi carport tidak mampu memberikan perlindungan 100 persen.

Karenanya, carport bisa dikatakan cenderung kurang sebaguna untuk digunakan. Apalagi, carport juga tidak anti maling karena masih bisa diakses oleh siapa saja.

Tidak hanya itu, carport menawarkan sedikit ruang penyimpanan praktis, seperti barang apapun yang tidak boleh ditinggalkan di tempat terbuka.

Carport tidak bisa menambah nilai nyata pada properti rumah, layaknya garasi. Carport juga memiliki usia pemakaian yang lebih pendek daripada garasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com