Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Sirkuit Mandalika Dipersiapkan, Jokowi: Jangan Ada Isu Tidak Baik Ikut Numpang

Kompas.com - 14/01/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan atensi serius terhadap kesiapan pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB, pada Maret 2022 mendatang.

Bahkan, dia menggelar Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Persiapan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 pada Kamis (13/01/2022) sore.

"Saya ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 ini, di Mandalika, Nusa Tenggara Barat ini betul-betul harus terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang enggak baik yang ikut numpang di situ," ujar Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Dari sekian aspek yang dievaluasi, Jokowi juga menyoroti kesiapan Sirkuit Mandalika. Meminta pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam sirkuit dipercepat.

Baca juga: Jokowi Optimistis Homestay di Mandalika Terisi Penuh Jelang MotoGP

"Yang kemarin masih kelihatan agak bermasalah, meskipun ini sudah dikerjakan juga, sistem drainase yang menampung kalau ada curah hujan yang tinggi. Ini juga hati-hati. Jangan nanti ada alasan karena curah hujannya ekstrem, berarti enggak siap sistem drainase kita," tegasnya.

Penegasan Jokowi soal sistem drainase Sirkuit Mandalika sangat beralasan. Mengingat saat gelaran Wolrd Superbike (WSBK) lalu sempat terjadi permasalahan.

Tepatnya pada 20 November 2021 lalu, hujan deras yang mengguyur kawasan Mandalika dan membuat sejumlah titik di area Sirkuit Mandalika tergenang air.

Hujan tidak hanya menggenangi area sirkuit, namun juga menyebabkan air di luar sirkuit meluap.

Akibatnya Race 1 WSBK Indonesia yang rencananya digelar pada hari tersebut pun terpaksa ditunda menjadi 21 November 2021.

Menanggapi tergenangnya sirkuit kala itu, Corporate Communication Senior Manager Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Esther D Ginting mengeklaim sistem drainase di area sirkuit berfungsi secara baik.

Menurutnya, genangan di area sirkuit yang dipicu oleh hujan deras itu telah surut dalam waktu singkat.

"Sistem drainase kami, baik lintasan maupun seluruh kawasan sirkuit, berfungsi dengan baik. Terutama sistem drainase lintasan sirkuit berfungsi dengan sangat sempurna sehingga mampu menghilangkan genangan air dalam waktu singkat," kata Esther kepada Kompas.com.

Lalu beberapa pekan kemudian, pihak ITDC menyampaikan bahwa sedang menyiapkan sejumlah perbaikan di area Sirkuit Mandalika jelang gelaran MotoGP 2022.

Mulai dari perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

Di samping itu juga akan dibangun tambahan grand stand di 11 titik yang mengelilingi sirkuit untuk mengantisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK.

"Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022," ujar Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo, pada 17 Desember 2021 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com