Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namibia Miliki Jalan Terbaik di Afrika dan Nomor 23 Dunia, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 14/01/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Namibia merupakan sebuah negara di Afrika Selatan yang dinilai memiliki jalan terbaik di seluruh benua Afrika pada tahun 2021.

Penilaian ini berdasarkan Indeks Laporan Kompetitif Global Forum Ekonomi Dunia (WEF) tentang kualitas infrastruktur jalan.

Seperti dikutip dari New Era Live, Namibia telah memenangkan penghargaan ini selama lima tahun berturut-turut dan tetap tidak tertandingi dalam hal jalan berkualitas baik di Afrika.

Kualitas jalan di Namibia mendapatkan skor 5,2 dari 7. Sementara di peringkat kedua dan ketiga ada Afrika Selatan dan Rwanda, yang berhasil mendapatkan nilai 5,0.

Baca juga: Mengenal Aspal Dingin dan Keunggulannya dalam Konstruksi

Secara global, Namibia menempati peringkat 23, di atas raksasa ekonomi seperti China, India dan Italia, yang masing-masing berada di peringkat 42, 46 dan 56.

Sementara Uni Emirat Arab, Singapura, dan Swiss berada di puncak daftar jalan terbaik di dunia dengan skor masing-masing 6,2.

Keberhasilan Namibia dikaitkan dengan dua faktor penting. Pertama, strategi pemeliharaan yang efektif pada infrastruktur jalan sehingga memainkan peran penting dalam memperpanjang umur jalan.

Kedua, peningkatan dan pembangunan jalan baru, yang memberi kontribusi signifikan terhadap kualitas jalan nasional.

Sebagai badan pengelola jalan setempat, Roads Authority (RA) berhasil mencatatkan berbagai prestasi dalam hal pengembangan dan perluasan infrastruktur jalan Namibia di seluruh pelosok negeri.

Hal ini turut difasilitasi oleh komitmen pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perhubungan yang memprioritaskan penyediaan dana untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Jalan-jalan di Namibia tidak memiliki lubang, bahkan jalan yang tidak diaspal pun mulus. Tak hanya itu, trotar yang dimiliki pun sangat berkualitas.

Sementara itu Indonesia berada di urutan ke-59 dan hanya berhasil meraih nilai 4,2, setara dengan El Savador, Nikaragua dan Yordania.

Hal ini menunjukan kualitas jalan di Namibia jauh lebih baik daripada Indonesia. Padahal Namibia termasuk negara yang berumur cukup muda yakni baru berusia 21 tahun.

Indonesia bahkan kalah jauh dari negara tetangganya yakni Singapura, yang dinobatkan memiliki jalan terbaik di seluruh dunia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com