Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awalnya PN Seirampah Cuma Ruko, Kini Gedung Megah, Rio: Ini Karya Mahkamah Agung

Kompas.com - 14/01/2022, 12:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pra-pembukaan gedung Pengadilan Negeri Seirampah di Jalan Negara KM 56, Kecamatan Seirampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, berlangsung megah dan meriah.

Tamu yang datang pun bukan sembarang, Hakim Agung Prim Haryadi sekaligus Pelaksana tugas Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (Dirjen Badilum MA), Ketua Pengadilan Tinggi Medan Robinson Tarigan dan wakilnya Ridwan Ramli dan Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambuna.

Ketua PN Seirampah Rio Barten dalam sambutannya menyampaikan, PN Seirampah diresmikan pada Oktober 2018.

Awalnya hanya ada 14 aparatur yang menempati gedung kantor sementara berupa rumah toko (ruko) yang difasilitasi Pemkab Sergai.

Baca juga: Kantor Pertanahan Kota Medan Usung Konsep Co-Working Space Ramah Difabel

Menurutnya, keadaan ini tidak menyurutkan semangat aparatur memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Terbukti dengan diperolehnya Akreditasi A Excellent dari Dirjen Badilum MA yang merupakan nilai kategori tertinggi dalam standar layanan lembaga peradilan, tiga tahun setelah diresmikan. Peningkatan penanganan perkara di 2021 mencapai rasio 96,45 persen.

Rio mengaku, masih banyak yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, pembenahan perlu dilakukan termasuk fasilitas gedung.

"Semoga kehadiran gedung ini diterima sebagai karya Mahkamah Agung untuk Kabupaten Sergai, mewujudkan prinsip good governance dan meningkatkan pembangunan masyakarat seutuhnya," kata Rio dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (13/1/2022).

Dia menjelaskan, gedung PN Seirampah berdiri di atas tanah hibah dari Pemkab Sergai.

Pembangunan gedung mulai 6 November 2020 dengan biaya lebih dari Rp 31 miliar, menggunakan dana dari Mahkamah Agung Tahun Anggaran 2020-2021.

"Kedatangan hakim agung sebagai penanda dimulainya rangkaian perpindahan barang inventaris dari kantor sementara ke gedung baru untuk beroperasi penuh di gedung baru pada Januari ini," ucap Rio.

Hakim Agung Prim Haryadi sekaligus Pelaksana tugas Dirjen Badilum MA tur keliling gedung PN Seirampah di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara, Kamis (13/1/2022)Mei Leandha/Kompas.com Hakim Agung Prim Haryadi sekaligus Pelaksana tugas Dirjen Badilum MA tur keliling gedung PN Seirampah di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara, Kamis (13/1/2022)
Gedung PN Seirampah, kata Adlin dalam sambutannya, tidak kalah megah dengan gedung pengadilan negeri di kabupaten dan kota lainnya di Indonesia.

Dia berharap kehadiran gedung ini memberi manfaat bagi masyarakat, terutama para pencari keadilan.

“Semoga koordinasi dan kerja sama antara Pemkab Sergai dengan PN Seirampah yang sudah terjalin selama ini semakin ditingkatkan sehingga mendorong terwujudnya visi Kabupaten Sergai yaitu mandiri, sejahtera dan religius," katanya.

Robinson Tarigan berterimakasih kepada Mahkamah Agung dan pemerintah daerah atas dukungan terhadap pembangunan gedung PN Seirampah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com