Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Ruas Tol Ini Tuntas, Perjalanan Solo ke Yogyakarta Hanya 20 Menit

Kompas.com - 12/01/2022, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo masih dalam proses pengerjaan konstruksi. Tepatnya untuk Seksi 1 Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,38 kilometer.

Melansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, progres konstruksinya saat ini mencapai 17,88 persen, dengan target operasi pada Kuartal III tahun 2023 mendatang.

Tentu harapannya berjalan sesuai target, karena ruas Seksi 1 ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Solo hingga Yogyakarta ataupun sebaliknya menjadi 20 menit.

Baca juga: Tol Palembang-Kayu Agung Rusak Telan Korban Jiwa, Ini Sanksi buat Pengelola

Sebelumnya, apabila menggunakan jalan akses utama saat ini dapat mencapai waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dengan demikian, tuntasnya ruas Seksi 1 Kartasura-Purwomartani akan memberikan dampak cukup signifikan bagi masyarakat.

Apalagi jika ditilik secara keseluruhan, kehadiran Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, pengembangan wilayah yang dilalui jalan tol, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, dibangunnya jalan tol sepanjang 96,57 kilometer ini diharapkan berkontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat pada segitiga emas sektor pariwisata yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Apalagi jalan bebas hambatan berbayar ini merupakan bagian dari Program Pembangunan Jalan Tol yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Borobudur.

Di sisi lain, kehadiran jalan tol ini juga akan memberikan akses pendukung kelancaran lalu lintas menuju tiga Bandar Udara, yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, Bandar Udara Ahmad Yani di Semarang dan Adi Soemarmo di Solo.

Seperti diketahui, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo melintasi dua provinsi sekaligus, meliputi Jawa Tengah sepanjang 35,64 kilometer, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 60,93 kilometer, dengan nilai investasi sebesar Rp 26,63 Triliun.

Jalan tol yang dikelola PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) ini memiliki tiga seksi, terdiri dari Seksi 1 Kartasura-Purwomartani 42,37 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 15,46 kilometer, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo 38,74 kilometer dengan target beroperasi pada Kuartal III tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com