Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Berkubah, Masjid Raya Sumbar Menangkan Penghargaan Internasional

Kompas.com - 28/12/2021, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan lalu, Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil memenangkan penghargaan Abdullatif Al Fozan Award atau AFAMA beberapa waktu lalu.

Kemenangan tersebut diumumkan dalam sebuah upacara di Madinah, Arab Saudi, Senin (20/12/2021) lalu.

Masjid Raya Sumbar menjadi salah satu dari tujuh pemenang utama penghargaan arsitektur masjid internasional.

Baca juga: Filosofi Beringin pada Desain Masjid Kantor DPP Golkar, Ingatkan Asal Usul Manusia

Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk arsitektur masjid membahas ide-ide baru untuk desain masjid di seluruh dunia serta mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid pada abad 21.

Salah satu fitur desain yang paling mencolok dari Masjid Raya Sumbar adalah tidak memiliki kubah layaknya masjid kebanyakan.

Sebagai gantinya, atap masjid didesain berupa atap segi empat dengan tiap sudut menjulang ke langit seperti Rumah Gadang.

Di masjid ini, Anda juga akan melihat unsur budaya khas Minang pada atap dan corak ukiran Minangkabau di dinding-dindingnya.

Dari laman resmi Instagram Abdullatif Al Fozan Award, dikatakan desain atap dan dinding yang terbuka disebut mampu membawa angin masuk ke dalam masjid.

Masjid Raya Sumbar berlokasi di di Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan dan didesain sebagai masjid tahan gempa bermagnitudo 10.

Dibangun di atas lahan sebesar 40.343 meter persegi, masjid ini mampu menampung 20.000 jamaah.

Peletakan batu pertama masjid tersebut dilakukan pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Gamawan Fauzi.

Pengerjaannya sendiri dilakukan dalam beberapa tahap karena hanya mengandalkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar.

Selain Masjid Raya Sumbar, ada beberapa masjid dari negara lain yang menjadi pemenang seperti Masjid Basuna di Kegubernuran Sohag, Mesir, dan Masjid Sancaklar di Istanbul, Turki.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com