Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bakal Resmikan Bendungan Lagi Akhir 2021, Apa Saja?

Kompas.com - 26/12/2021, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berupaya menyelesaikan pembangunan infrastruktur sumber daya air (SDA) seperti bendungan.

Konstruksi bendungan dilakukan untuk menciptakan ketahanan pangan serta menyediakan air baku nasional.

Menjelang akhir tahun 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali meresmikan infrastruktur SDA tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) SDA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jarot Widyoko kepada Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

"Ada (bendungan lagi yang diresmikan), tergantung waktunya Bapak Presiden, beliau kapan berkenan," kata Djarot singkat.

Meski begitu, dia tidak menginformasikan bendungan apa saja yang nantinya akan diresmikan kepala negara pada penghujung tahun ini.

Baca juga: KALEIDOSKOP: Deretan Bendungan yang Diresmikan Jokowi Tahun 2021 (I)

Ada tiga bendungan lagi yang konstruksinya telah tuntas dan siap diresmikan Jokowi seperti Bendungan Ladongi, Bendungan Bintang Bano, dan Bendungan Pidekso.

Dikutip dari Tribunnews Sultra, Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Ladongi yang berlokasi di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Rencana peresmian Bendungan Ladongi dijadwalkan pada 23 atau 24 Desember 2021 pekan ini.

"Iya bakal datang (Jokowi) namun tanggal pastinya belum ada, sebelumnya direncanakan pada 23 atau 24 Desember 2021," ucap Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Agus Safari, Senin (20/12/2021).

Tak hanya Ladongi, Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), juga siap diresmikan oleh Jokowi akhir tahun 2021.

Informasi ini seperti disampaikan Direktur Operasi I PT Hutama Karya (Persero) Novias Nurendra dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

"Proyek ini mampu diselesaikan lebih cepat 3 bulan dari schedule (jadwal) yang ditetapkan dan siap diresmikan oleh Presiden Jokowi akhir tahun 2021 ini,” ujar dia

Sedangkan bendungan ketiga adalah Pidekso yang rencananya juga akan diresmikan oleh Jokowi.

Impounding (pengisian air awal) di bendungan yang terletak di Wonogiri, Jawa Tengah ini sudah dilakukan sejak 14 Oktober 2021 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com